Para siswa mampu menciptakan buku dengan judul Putih Biru.

Daerah

Siswa Telurkan Buku Putih Biru


MAGELANG – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Kota Magelang menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Magelang, Jawa Tengah. Kerjasama dalam bidang literasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan sekolah, khususnya dalam ruang lingkup perpustakaan.

“Perpustakan kami berhasil memperoleh predikat terbaik se Kota Magelang tahun lalu. Kami ingin perpustakaan kami menjadi contoh dan bermanfaat bagi siswa,” kata Kepala SMPN 7 Kota Magelang Parjopo.

Ia mengaku, ingin menjadi organisasi pembelajaran pada jaman milenial. Untuk meningkatkan pengetahuan dan teknologi, maka SMPN 7 Kota Magelang sepakat Mou dengan UM Magelang.

“Pada zaman milenial seperti ini, kita perlu banyak belajar pada rekan-rekan di universitas. Sehingga teknologi informasi di perpustakaan pun semakin berkembang,” jelasnya.

Selama ini, literasi di SMPN 7 Kota Magelang cukup berkembang. Para siswa juga sudah memiliki wadah khusus Club Literasi untuk berdiskusi tentang tulis-menulis. Bahkan, siswa juga sudah mampu menelurkan buku baru.

Buku baru karya gabungan siswa tersebut berjudul “Putih Biru”. Bentuknya berupa fiksi mini yang menceritakan imajinasi pada diri anak. Launching buku dilangsungkan dengan peringatan Bulan Bahasa beberapa waktu lalu.

Untuk memperingati Bulan Bahasa, Perpustakan SMPN 7 Kota Magelang mengadakan berbagai kegiatan. Antara lain launching buku, penandatanganan Mou kerjasama Perpustakaan UMM dan perpustakaan SMPN 7, talkshow kepenulisan, bincang buku dan temu penulis.

Kepala Bidang PG dan TK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Heriyono menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi. Tenaga pustakawan yang dimiliki oleh SMPN 7 Kota Magelang dinilai sangat handal.

“Kegiatan ini dapat bersinergi dengan pemerintah, yaitu pencanangan gerakan literasi. Bahasa adalah keterampilan menyimak dan keterampilan berbahasa,” katanya.

Menurut dia, karya tulisan yang yang dimiliki guru merupakan salah satu kredit poin untuk naik pangkat. Justru di SMPN 7 Kota Magelang, siswanya sudah memiliki karya berbentuk buku.

“Tentunya hal ini sangatlah membanggakan dan perlu dicontoh,” katanya.

Sementara itu, Mou yang dilakukan dengan UM Magelang juga menyangkut minat baca para siswa. Kepala Perpustakaan UM Magelang Jamzanah menuturkan, Mou dengan SMPN 7 Kota Magelang merupakan pendampingan untuk meningkatkan minat baca.

Apa Tanggapan Anda ?