Pramuka peduli alam, ditunjukkan dengan ikut menanam bibit pohon di Perbukitan Buju.

Daerah

Pembina Pramuka Pedulikan Alam

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Pramuka Ambalan Achmad Yani SMK Yudya Karya Magelang, Jawa Tengah ikut berkecimpung dalam pelestarian lingkungan hidup di perbukitan Buju, Kopeng, Sutopati, Magelang. Pada petugas menanam puluhan bibit pohon damar. Penanaman dilakukan diakhir acara pembayatan calon Bantara dan bakti sosial, baru-baru ini.

“Kita berharap bukit ini tetap asri, udaranya tetap segar. Maka dari itu, kita turut memberikan sekaligus menanam pohon,” kata Kamabigus Pramuka SMK Yudya Karya Sugino.

Selain dilakukan pembina, penanaman juga dilakukan calon bantara. Penanaman dilakukan dicelah tanah yang kosong.

“Kebetulan di daerah sini juga desa wisata. Kami juga menanam pohon di sekitar Curug Bujet dan Curug Si Getik” tandasnya.

Sedangkan kemah bakti Pembayatan Calon Bantara dilaksanakan selama dua hari di bukit tersebut. Kesempatan ini ada 28 calon yang digembleng. Materinya Uji materi ideologi, pendalaman materi kepramukaan.

“Itu baru calon. Kegiatan selanjutnya pengukuhan calon Bantara, baru kemudian dilakukan pelantikan,” tambah Koordinator Pembina Pramuka SMK tersebut Pujiono.

Disamping itu juga ada kegiatan bakti sosial membagikan sembako ke warga. Isinya beras, minyak goreng, gandum, gula, teh, garam dan mi instan. Termasuk obral baju murah.

“Isi sembako-sembako tersebut dari semua siswa-siswi Yudya Karya. Baju pantas pakai mayoritas dari guru,” kata Waka Kesiswaan SMK Yudya Karya Hardiyanto.

Apa Tanggapan Anda ?