Daerah

KKP SMP 2018 Usai, Wonogiri Terbaik dan Magelang Terfavorit

YOGYAKARTA – Perhelatan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) Jenjang Sekolah Menengah Pertama 2018 di Griya Persada Convention Hotel, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, telah usai, Jumat 26 Oktober 2018. Pada kegiatan ini Kabupaten Wonogiri meraih Juara Terbaik I. Wonogiri berhasil mengungguli 14 kabupaten/kota di seluruh Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pada nilai kekompakan dan kreasi tampilan seni dan musik yang ditampilkan.

Sementara posisi Juara Terbaik II diraih Kota Yogyakarta, disusul Kabupaten Bantul sebagai Juara Terbaik III, sedangkan Juara Favorit diraih Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Capaian penilaian tim berdasarkan kreasi, dan kekompakan perwakilan sekolah dari masing-masing kabupaten/kota. Secara keseluruhan, terdapat 15 kabupaten/kota dengan empat sekolah dari masing-masing wilayah.

Tahun ini, KKP jenjang SMP diikuti 540 siswa dan 60 pendamping. Peserta berasal dari 60 sekolah dari 15 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Perhelatan ini dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy berlangsung selama 4 hari.

Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta, Sarjilah, mengungkapkan KKP dapat dijadikan ajang pengembangan bakat dan minat siswa untuk memunculkan pribadi yang unggul dan berkarakter Pancasila. Penciptaan generasi unggul sebagai upaya agar dapat bersaing dengan pemuda dari negara lain.

“Tantangan kita untuk berjuang dan bersaing dengan negara lain. Solusinya adalah dengan menciptakan pribadi yang unggul,” ungkapnya.

Sarjilah berharap ilmu dan keterampilan yang diperoleh di KKP dapat diteruskan oleh peserta di sekolah asal masing-masing. Seperti dikutip dari kemdikbud.go.id, peserta dapat mengembangkan sikap-sikap positif ke sekolahnya. Sehingga, para peserta lulusan KKP dapat menjadi pioner kebaikan di sekolah asal.

Adapun pagelaran musik dan seni menyemarakkan penutupan KKP se-Jateng dan DIY tahun 2018. Mulai  penampilan drama musikal, tarian daerah, tarian kontemporer hingga musik solo dan band kreasi para peserta dari jenjang SMP.

Drama musikal bertema Korupsi menjadi tampilan unggulan selama Pentas seni (Pensi) di KKP. Drama tersebut ditampilkan tim siswa SMP Negeri 1 Sukoharjo, Jateng, dan menjadi hiburan menarik bagi peserta KKP. (Siedoo/NSK)

Apa Tanggapan Anda ?