Sumber : https://technocenterid.blogspot.co.id

Opini Teknologi

9 Alasan Kenapa Ambil Kuliah Informatika

Siedoo.com, – Kuliah Informatika atau Ilmu Komputer di masa sekarang, sangat menjadi tujuan favorit setelah lulus dari SMA/SMK. Hampir disetiap perguruan tinggi membuka jurusan teknik Informatika. Pasti ada hal menarik yang membuat teknik informatika seperti menjadi magnet, sehingga banyak yang ambil kuliah disitu. Berikut beberapa alasan kenapa masuk di informatika dan kenapa tidak ambil jurusan lain.

1. Karena Suka Komputer dan Software/Fitur Aplikasinya.

 

Mungkin sejak kecil ada yang sudah terbiasa menggunakan komputer dan sudah menganggap komputer sebagai kebutuhan pokok. Banyak dari kita, yang asyik didepan komputer sampai berjam-jam karena banyak software/fitur yang menarik. Hal ini menjadi salah satu alasan sehingga kita ingin memperdalam ilmu komputer dan mempelajari penggunaan berbagai software/fitur aplikasinya. Karena banyak dari kita yang sebenarnya butuh dalam penggunaan aplikasi komputer, tetapi tidak dapat menggunakannya.

2. Lapangan Kerja Sangat Luas.


Jika kita membuka informasi lowongan kerja, hampir bisa dipastikan banyak informasi dibutuhkannya lulusan S1/D3 Teknik Informatika/Ilmu komputer. Karena hampir semua pekerjaan sekarang ini tidak dapat lepas dari penggunaan komputer.

Dengan realita tersebut, maka banyak perguruan tinggi berlomba-lomba menerima mahasiswa di jurusan teknik informatika. Di satu sisi asumsi awal mahasiswa baru tentang lulusan informatika juga ada yang salah. Asumsi mereka bahwa lulusan informatika itu hanya bagaimana bisa mengetik. Padahal kalau hanya keahlian mengetik, lulusan SMK/SMA bahkan SMP pun sekarang sudah diberi materi mengetik. Karena banyak lowongan yang dibutuhkan, maka perguruan tinggi perlu meningkatkan spesifikasi skillnya. Minimal menjadi ahli dalam satu bidang di informatika. Selain itu lulusan informatika juga disiapkan agar dapat berwirausaha. Hal ini yang menjadikan lapangan kerja sangat luas.

3. Karena disuruh Orang Tua.

Nah ini alasan klasik. Tidak tau juga apakah karena otoriternya orangtua atau karena anaknya manut apa yang disarankan orangtuanya. Tetapi restu orangtua memang harus diuatamakan. Alasan kenapa karena disuruh orangtua, karena memang anak yakin bahwa ada orangtua yang paham tentang pendidikan mengetahui kemampuan anaknya.

Selain itu, karena orangtuanya juga dari lulusan yang sama. Sehingga, ada keinginan anak dapat meneruskan perkerjaan orangtuanya kelak. Alasan ini perlu disikapi dengan bijak, jika orangtuanya paham tentang pendidikan tidak ada salahnya dipertimbangkan, tetapi jika tidak ya ….

4. Tertarik pada elektronika dan Ingin menjadi Youtuber.

Alasan ini menarik bagi yang suka “ngoprek” komputer. Selain itu juga bagi yang tertarik dengan sensor dll atau yang berhubungan dengan alat-alat elektronika dan sistem cerdas. Ini menarik minat mereka dalam ketrampilan merakit hardware dll. Selain itu biasanya proses praktek mereka akan direkam dan di-upload di youtube. Walaupun ada juga yang mengupload tidak ada kaitannya dengan materi. Tetapi dengan mengupload secara kontinu maka akan terkenal dan sering diakses. Efeknya jika semakin banyak yang akses youtube, para youtuber akan mendapatkan penghasilan dari google. Menarik bukan … ?

5. Karena Dari Lulusan TKJ.

Kepanjangan dari TKJ adalah Teknik Komputer dan Jaringan. TKJ merupakan salah satu konsentrasi keahlian sekolah menengah kejuruan (SMK). Dengan mempunyai dasar TKJ tersebut, menjadikan keinginan lulusan untuk mendalami bidang yang digeluti. Sehingga lulusan SMK TKJ jika ingin mendalami tantang komputer dan jaringan, mereka mengambil jurusan informatika/komputer. Alasan mereka karena sudah mempunyai dasar tentang komputer dan jaringan sehingga lebih mudah memahami materi karena tinggal melanjutkan mendalami ilmunya.

6. Karena Informatika Menarik.

sumber: kabarglobal

Informatika biasanya terkenal dengan teknologi yang ada di komputer. Banyak aplikasi yang membuat orang berlama-lama di depan komputer. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat digunakan untuk bekerja, menggambar, mendesain, bersosial media, bermain, dll. Aplikasi tersebut juga memanjakan kita untuk menyalurkan hobi atau menghabiskan waktu dari suatu kebosanan. Itu yang membuat sebagian lulusan SMA/SMK memilih informatika karena daya tarik hiburan tadi.

7. Ingin Menjadi Programer.

Sumber : https://www.newenglandcollegeonline.com

Ini nih, alasan yang banyak diinginkan untuk masuk kuliah di informatika. Menjadi seorang programer tersebut bayangannya adalah dapat membuat program yang hebat yang bisa menyelesaikan pekerjaan apapun. Hal ini ada sebagian yang tertarik menjadi programer setelah melihat film-film yang berhubungan dengan teknologi. Pasti keren jika kita bisa membuat sebuah program yang dapat menggantikan segala pekerjaan kita dan kita bisa tiduran santai. Jadi bayangan awal tertarik masuk kuliah diinformatika akan diajarkan hal-hal tersebut. Sehingga lulusan SMA/SMK tertarik masuk.

8. Bingung Mau Kuliah Apa, Ikut Teman.

sumber: belajar bahasa inggris online

Ada juga yang masuk kuliah informatika karena bingung mau ambil apa dan ikut-ikut temannya. Lulusan SMA/SMK walaupun sudah diberikan informasi tentang jurusan yang ada perguruan tinggi. Tetapi secara detail tidak mengetahui apa yang akan dipelajari dan setelah lulus bisa keahlian apa. Sebagian ada yang berpikir secara global bahwa lulusan komputer itu diajarkan komputer dan lulus akan bisa komputer.

Mereka ada yang hanya ikut-ikut temannya ambil apa, dia ikut ambil jurusan yang sama. Padahal mereka ada yang tidak mengetahui lulus mau jadi apa dan kesulitan waktu kuliah itu apa.

9. Kedepan Segala Kebutuhan Menggunakan Ilmu Informatika.

Salah satu alasan terakhir adalah kedepan segala kebutuhan akan berhubungan dengan komputer/informatika. Mulai dari revolusi industri yang mengganti tenaga kerja manusia dengan mesin-mesin yang dapat bekerja terus menerus. Kemudian dengan adanya IC (Integreted Circuits) maka berkembanglah teknologi komputer yang merubah menjadi revolusi digital.

Sampai sekarang ini teknologi tentang kecerdasan buatan semakin banyak digunakan dan kedepan bukan tidak mungkin secara otomatis, semua bekerja. Dan sumberdaya manusia yang menguasai teknologi tersebut dibutuhkan.

Demikian 9 alasan kenapa lulusan SMA/SMK memilih jurusan teknik informatika/ilmu komputer. Terbukti, banyak perguruan tinggi membuka jurusan teknik informatika dan menerima banyak mahasiswa karena jurusan tersebut sedang menjadi magnet. Secara kuantitas banyak mahasiswa yang kuliah di informatika, akibatnya walaupun lowongan yang dibutuhkan banyak, maka akan terjadi persaingan. Agar unggul dalam persaingan tersebut perlu meningkatkan kualitas lulusannya. Apakah ada alasan lain bagi kalian yang ambil jurusan teknik informatika/ilmu komputer?

sumber gambar dari google.com

Apa Tanggapan Anda ?