Advertorial Daerah

Mengenalkan Teknologi, TK Pertiwi Kota Magelang Suguhkan Ekstrakulikuler Komputer

MAGELANG - Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi Kota Magelang, Jawa Tengah memiliki program ekstrakulikuler unggulan berupa pengenalan komputer kepada siswa. Program ini berlangsung rutin setiap satu pekan dua kali pada Rabu dan Sabtu di ruang baca sekolah. Program tersebut diikuti kelas TK A usia 3 dan 4 tahun serta kelas B usia 5 dan 6 tahun.

"Zaman sekarang yang lebih dikenal zaman teknologi. Jadi kita mulai mengenalkan teknologi komputer ini kepada siswa," terang Nur Hima selaku penanggung jawab program ekstrakulikuler komputer.

Menurutnya, program ini untuk mengenalkan kepada siswa tentang perangkat-perangkat teknologi di era milenial, salah satunya komputer. Dengan program ini siswa diharapkan mampu mengenal dan berekplorasi dengan baik menggunakan teknologi.

Selain mengenalkan teknologi, juga melatih kemampuan motorik kasar dan motorik halus pada siswa.

"Motorik kasar dilatih melalui sentuhan lincah jari siswa dengan keyboard dan motorik halus dilatih dengan daya pikir yang berkembang," ujarnya.

Menurut salah satu pengampu ekstrakulikuler, Dinda Saputri, materi yang disampaikan merupakan materi dalam buku panduan teknologi untuk anak dari JO Kids, sebagai pihak yang bekerja sama dengan sekolah untuk ekstrakulikuler tersebut.

Dijelaskan, materi yang diambil juga materi yang berhubungan dengan pembelajaran di kelas. Sehingga, dapat menunjang proses belajar dengan cara berbeda. Meskipun buku panduan dari JO Kids, tetapi materinya tidak jauh berbeda dengan pembelajaran di kelas.

Materi yang dikenalkan seperti belajar mengetik, mengubah warna, membuat bermacam-macam bentuk dan mengenal angka. Untuk materi kognitif siswa diajarkan menghitung dengan media di komputer.

Melalui program ini, siswa diajak untuk mengembakan bakat yang dimiliki dengan mengenal teknologi secara langsung. Bagi siswa yang tidak mengenal baik teknologi saat berada di rumah diharap mampu mengenalnya melalui program ini.

"Harapan saya anak-anak lebih mengenal teknologi terutama komputer sehingga nanti bisa mengembangkan sendiri dengan lebih baik lagi," tutupnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?