Advertorial Kegiatan

Dukung Peserta Didik Lancar Ikuti PJJ, Guru Lakukan Home Visit

KOTA MAGELANG - Kunjungan rumah (home visit) adalah salah satu teknik pengumpul data dengan jalan mengunjungi rumah siswa untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa. Di masa pandemi Covid-19 ini home visit sangat diperlukan sebagai upaya mengetahui langsung kondisi keluarga dalam kaitannya dengan permasalahan anak utamanya dalam mengerjakan tugas-tugas dari guru.

Demikian diungkapkan Kepala TK Pertiwi Kota Magelang, Suparni, S.Pd, Senin (28/9/2020). Selanjutnya Suparni juga menjelaskan jadwal home visit sempat tertunda ketika akan dilakukan pada waktu pengenalan sekolah Juli 2020 lalu karena kondisi pandemi.

“Namun ini akan kami lakukan secara intens ketika sudah aman dan ada izin dari Pemerintah Kota Magelang dan instansi terkait untuk melakukan program home visit ini,” terangnya.

Suparni membeberkan manfaat home visit terutama pada masa pandemi Covid-19 ini. Akibat pandemi peserta didik belum banyak berkesempatan bertemu gurunya, juga mengenal sekolahnya pun lewat video. Sehingga untuk menjalin keakraban antara guru dan peserta didik penting untuk melakukan home visit.

“Guru perlu menjalin hubungan emosional dengan peserta didik, agar lebih lancar dalam berkomunikasi terutama dalam transfer ilmu kepada peserta didik,” ujarnya.

Menurut Suparni, sejatinya home visit dilakukan untuk melengkapi pengalaman membimbing anak didik. Sehingga perlu mengetahui kehidupan keluarga di mana anak itu tinggal dan mengetahui secara langsung kegiatan anak ketika di rumah.

“Karena dalam mengerjakan tugas atau membiasakan anak di rumah terkadang muncul masalah atau kesulitan. Maka perlu pula dikomunikasikan dengan orang tua mereka,” terangnya.

Dengan dilakukan home visit secara berkala diharapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat berjalan dengan lancar. Segala permasalahan atau kesulitan siswa dalam mengerjakan tugas di rumah pun segera dapat diatasai.

“Maka home visit di masa pandemi Covid-19 ini boleh dikatakan sebagai salah satu layanan untuk menjalin komunikasi tiga arah antara guru, siswa, dan orang tua. Terutama dalam membantu anak memperoleh pembelajaran, menyerap ilmu dan melakukan kebiasaan baik di rumah,” pungkas Suparni, S.Pd. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?