Advertorial Kegiatan

Perlancar KBM, TK KB IT Pamardhi Siwi Kombinasikan Pembelajaran Daring-Luring

MAGELANG – Semua menyadari betapa beratnya mendidik dan mengajar anak-anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) atau Kelompok Bermain (KB). Transfer ilmu kepada anak-anak di usia itu tidak semudah seperti kepada anak usia di atasnya. Karena harus dengan ekstra telaten, penuh contoh praktik langsung, dan tentunya dibalut dengan penuh kasih sayang.

Menyadari hal itu, TK KB IT Pamardhi Siwi Banyakan Mertoyudan Magelang Jawa Tengah berupaya memperlancar pendidikan bagi peserta didiknya di masa pandemi Covid-19 ini. Yaitu dengan mengombinasikan pembelajaran daring dan luring dan tetap mengedepankan protokol kesehatan, bagi pendidik, peserta didik, dan orang tuanya.

Kepala TK KB IT Pamardhi Siwi, Bariyah Esti Kastufi mengungkapkan, sebelum dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021 pihaknya telah menyampaikan informasi kepada orang tua.

Melalui kesepakatan yang melibatkan komite sekolah dan orang tua, pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilakukan dengan kunjungan ke rumah (home visit) oleh para guru.

“Jadi sama sekali tidak menghadirkan peserta didik ke sekolah, tapi kami yang berkunjung ke rumah mereka,” ungkapnya, Selasa (11/8/2020).

Esti melanjutkan, MPLS berjalan dengan lancar dan peserta didik baru serta orang tuanya mengenal lingkungan sekolah sekaligus program-program dari TK KB IT Pamardhi Siwi. Hal itu pun direspons baik oleh orang tua, sehingga terjalin kebersamaan dalam mendidik dan mengajar peserta didik di sekolah itu.

“Kami pun melanjutkan kegiatan belajar mengajar dengan mengombinasikan sistem pembelajaran daring dan luring,” lanjut Esti.

Dijelaskan Esti, pembelajaran kombinasi daring dan luring itu dijalankan namun tetap mengutamakan protokol kesehatan. Sementara untuk home visit untuk pembelajaran luring dilakukan dua minggu sekali. Setiap jadwal kunjungan antara 2-5 anak dalam hari itu tergantung jarak jangkau rumah.

“Jadi untuk luring ini lebih bersifat menjalin kedekatan emosional guru dengan peserta didik dan orang tua. Sekaligus mengajarkan praktik-praktik pembelajaran sesuai materi, pamantauan belajar anak, serta memperlancar kegiatan belajar mengajar di masa pandemi ini,” ujar Esti.

Diketahui, TK KB IT Pamardhi Siwi Banyakan memiliki berbagai program sekolah, termasuk program-program unggulan. Seperti pembiasaan pagi yaitu praktik wudhu, salat duha, hafalan surat-surat pendek Alquran juz 30, doa-doa harian, dan hadist.

“Dengan dibantu pengajaran luring, materi dapat tersampaikan lebih baik kepada peserta didik, dan lebih cepat dipahami,” kata Esti.

Guna membantu peserta didik dan orang tua di awal tahun ajaran 2020/2021 yang masih dalam masa pendemi ini, TK KB IT Pamardhi Siwi memberikan kepedulian. Yaitu membebaskan Sumbangan Pembianaan Pendidikan (SPP) bulan Juli dan Agustus 2020. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?