Nasional

Lolos BliBli Future Program, Siapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja

YOGYAKARTA - Dua mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi UKDW Yogyakarta berhasil menyelesaikan program BliBli Future Program Batch 4. Keduanya yaitu, Nikolaus Aryawan Ravato Wijaya dari Program Studi (Prodi) Sistem Informasi dan Handi Hermawan dari Prodi Informatika.

Keduanya lolos bersama dengan 12 mahasiswa lain yang berasal dari berbagai institusi pendidikan di beberapa kota yang ada Indonesia. Mereka dinyatakan lulus pada acara Graduation Day yang diselenggarakan melalui platform Zoom.

Pada kesempatan yang sama Nikolaus Aryawan juga dinyatakan mendapatkan dua penghargaan selama mengikuti program ini, yaitu Excellence Award Winner dan The Most Outstanding Participant in SDET Track. Sebagai proyek final, Handi mengerjakan sebuah proyek yang disebut Dagoan.in, sebuah aplikasi yang mampu mengelola pekerjaan dan membantu dalam kolaborasi kerja tim.

"Sedangkan Nikolaus menyelesaikan proyek otomatisasi testing pada fitur pembelian tiket penerbangan," kata Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom., M.Cs, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama (WD III) FTI UKDW.

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan beasiswa untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Tetapi hanya beberapa beasiswa yang memberikan banyak manfaat seperti pelatihan soft skill, technical skill, serta memberi peluang mahasiswa untuk bisa bekerja tanpa melalui seleksi tes setelah lulus dari kuliah. Salah satunya adalah Future Program yang diselenggarakan oleh Blibli.com.

BliBli Future Program merupakan inisiatif dari PT Global Digital Niaga atau yang lebih dikenal dengan BliBli untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa di tahun ketiga (mulai semester 5) untuk mengembangkan kemampuan hardskill dan softskill di industri e-commerce selama kurang lebih 18 bulan dengan skema mentorship.

Handi Hermawan, mahasiswa FTI UKDW memperoleh penghargaan dalam Blibli Future Program.

Mahasiswa yang tergabung pada program ini mendapatkan pengalaman untuk mengerjakan berbagai macam proyek yang bisa mengasah kemampuan mereka di bidang teknologi.

Baca Juga :  Fungsikan TIK untuk Majukan Pendidikan, 16 Kepala Daerah Terima Anugerah Kihajar

Program ini juga menambah wawasan pada peserta mengenai cara komunikasi dan negoisasi dengan real user serta menyelesaikan permasalahan nyata. Mereka betul-betul dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja dan memenuhi kebutuhan industri.

"Peserta juga memperoleh kesempatan berkarier di Blibli.com setelah berhasil lulus dari program ini, tanpa melalui masa percobaan," jelasnya.

Program ini sudah berjalan selama empat batch dan saat ini sedang masuk pada Batch 5. "Sejauh ini sudah terdapat lima alumni FTI UKDW yang lulus dari BliBli Future Program dan diterima sebagai karyawan dari Blibli.com yaitu Ericson Rumuy, Juan Christian Tjandra, Azhalia Amesa, Ariel Christianto, dan Brenda Natasha,” kata Willy. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?