Sebanyak 22 personel Kodim 0705/Magelang mengikuti pelatihan komputer. Peserta pelatihan terdiri dari Bintara, Tamtama dan ASN perwakilan dari tiap-tiap koramil di jajaran Kodim 0705/Magelang.

Daerah

Kegembiraan Babinsa Setelah Ikuti Pelatihan Komputer


MAGELANG – Kodim 0705/Magelang, Jawa Tengah berupaya meningkatkan kemampuan para anggotanya. Sebanyak 22 personel Kodim 0705/Magelang diikutkan acara Pelatihan Komputer. Peserta pelatihan terdiri dari Bintara, Tamtama dan ASN perwakilan dari tiap-tiap koramil di jajaran Kodim 0705/Magelang.

Pelatihan komputer ini diselenggrakan hasil kerja sama antara Kodim 0705/Magelang dengan sebuah lembaga pelatihan komputer. Sersan Kepala Suripto, salah satu peserta pelatihan dari Koramil Windusari mengungkapkan kegembiraannya bisa mengikuti pelatihan tersebut.

“Harapan saya mampu mengoperasionalkan komputer, guna menunjang tugas – tugas. Khususnya segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi sebagai kelengkapan laporan dari setiap kegiatan,” ujar Suripto.

Menurut Suripto, apabila tidak dijadwalkan satuan, maka ia akan kesulitan mencari waktu untuk belajar komputer. Hal itu dikarenakan padatnya tugas sebagai babinsa.

Herning Palmono, dari pihak lembaga pelatihan komputer mengatakan, walaupun peserta perlatihan rata – rata usia diatas 30 tahun, namun tidak mengalami kendala yang berarti. Para peserta mampu menyerap materi pelatihan dan bisa langsung mempraktekannya.

“Walaupun usia sudah diatas 30 tahun, namun mereka bisa mengikuti apa yang kami berikan,” ujar Palmono.

Rencananya kegiatan pelatihan akan dilaksanan 12 kali pertemuan. Dengan waktu 90 menit setiap kali pertemuannya. Perwira Seksi Operasi Kodim 0705/Magelang Kapten Inf Suparna menjelaskan,pelatihan komputer merupakan salah satu upaya bagi satuan Kodim 0705/Magelang untuk meningkatkan kemampuan personelnya. Khususnya bidang administrasi yang memerlukan teknologi komputer.

Disadari atau tidak, setiap kegiatan yang dilaksanakan harus diikuti dengan rencana dan laporan kegiatan yang dituangkan dalam bentuk produk administrasi. Hal ini membutuhkan personel yang mampu mengoperasionalkan komputer. Atas dasar itulah, Kodim 0705/Magelang merintis kerjasama dengan sebuah lembaga pelatihan komputer untuk memberikan materi pelajaran operasional komputer.

Adapun materi terdiri dari microsoft office word, microsoft office excel dan microsoft office power point. Tiga materi tersebut diharapkan dapat membantu memperlancar tugas dan tanggung jawab dalam bidang pelaporan kegiatan yang dilaksanakan.

Apa Tanggapan Anda ?