Daerah

Internasionalisasi Kampus, UMSU Genjot Jurnal Ilmiah Bereputasi

MEDAN - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggenjot penerbitan jurnal bereputasi melalui kegiatan pelatihan guna mewujudkan program internasionalisasi kampus. Pelatihan penulisan jurnal bereputasi internasional bertajuk In House Training, How to Publish in International Journals: Some Strategies and Tactics’. Pelatihan digelar di Kampus Pascasarjana UMSU, Jalan Denai, Medan, Sumatera Utara.

Pelatihan yang bertujuan mendorong dosen untuk melakukan penulisan jurnal ilmiah bereputasi internasional bekerjasama dengan Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu menghadirkan Prof. Ferry Jie, PhD, yang merupakan anggota Associated Profesor Edit Cowan University, Perth, Australia.

Ferry Jie selain memberikan bimbingan penulisan jurnal ilmiah, juga menjelaskan berbagai tips agar dosen UMSU mampu menerobos Jurnal Internasional terakreditasi yang dikenal cukup sulit. Menurut dia, persaingan untuk dapat menerobos Jurnal Internasional yang terakreditasi memerlukan perjuangan yang keras dari penulis jurnal di seluruh dunia.

“Selain kemampuan menulis yang benar dan baik, maka banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang penulis agar karya ilmiahnya bisa terbit,” kata Prof. Ferry Jie.

Ketua Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Lincolin Arsyad menegaskan, peningkatan keterampilan dosen untuk mau dan mampu menulis jurnal ilmiah, mutlak harus dilakukan. Menulis di Jurnal Internasional menjadi sangat menentukan kemampuan UMSU dalam menjawab prestasi yang sudah diraih.

“Penerbitan jurnal ilmiah internasional bereputasi sangat penting, apalagi UMSU, setelah akreditasi A, tentu diharapkan menuju internasionalisasi kampus,” katanya ditulis umsu.ac.id.

Lincolin Arsyad mengatakan, Majelis Dikti dan Litbang PP Muhammadiyah mendorong banyak perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia melakukan kegiatan pelatihan seperti ini. Bulan lalu kegiatan yang sama digelar di Universitas Muhammadiyah dan bulan depan di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur.

Rektor UMSU Dr. Agussani menegaskan komitmen UMSU untuk mendorong dosen di lingkungan UMSU untuk mau dan mampu menulis jurnal ilmiah khususnya jurnal internasional yang terakreditasi. Dia mengatakan, UMSU sudah menyediakan anggaran yang cukup besar untuk insentif bagi dosen yang berhasil menerobos Jurnal Internasional yang terakreditasi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?