Ilustrasi skripsi, foto www.herugan.com

Opini

Cari Judul Skripsi Yang Tepat Yaitu Dengan …


Siedoo, BINGUNG cari judul skripsi yang tepat? Banyak yang berpikir skripsi merupakan momok yang tidak mau dilalui. Padahal itu tahapan yang bagus untuk dasar kita bekerja setelah lulus. Simak cara berikut agar judul kalian tepat dan bermanfaat untuk anda dan semua orang.

Skripsi Itu Masalah

Mungkin kalimat skripsi itu menjadi masalah jika sudah didepan mata dan kita belum mengetahui mau mengerjakan apa. Ada juga yang bilang cari masalah-masalah yang ada disekitar kita terus dianalisa masalahnya apa kemudian dicari cara menyelesaikan masalah itu.

Memang benar skripsi itu kita dilatih untuk meyelesaikan masalah yang ada. Kemudian dilatih cara mencari solusinya dengan argumen/penjelasan mengapa cara tersebut digunakan. Karena skripsi mau tidak mau harus dikerjakan.

Maka langkah pertama adalah menganggap skrispi itu matakuliah yang sama dengan matakuliah lain 6 sks. setelah itu apa? simak cara selanjutnya …

Pandang Jauh Kedepan

Sebagai mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir kita hanya melihat skripsi itu sebagai masalah saat ini saja. Coba buka pemikiran lebih kedepan 10, 20, 30, atau sampai akhir hidup kita. Mahasiswa yang mengambil skripsi rata-rata berumur 22 tahun.

Setelah lulus maka kita akan berkarya/bekerja. Ada yang menjadi enterpreneur atau bekerja di instansi/tempat kerja lain. Pertanyaannya adalah setelah kalian lulus kalian ingin bekerja dimana, di tempat apa, bagian apa, di dalam ruang atau diluar ruang? kalian ingin menghabiskan waktu berkarya/bekerja itu nyaman/enjoy di tempat kerja yang bagaimana.

Jika sudah pelajari dalam bagian tersebut bidang apa yang ingin kalian dalami. Cari plus minus bagian tersebut yang dapat kalian kembangkan. Setelah mengetahui mau kerja dimana dan pola kerjanya maka langkah selanjutnya …

Cari Jurnal Penelitian

Nah ini sudah mulai masuk ke ranah akademisi. Cari jurnal yang sudah pernah ada meneliti masalah tersebut. Penelitian-penelitian yang sudah ada menggambarkan sudah sampai mana bidang masalah yang akan kalian temui di tempat kerja tersebut.

Dengan melakukan penelitian yang nantinya bermanfaat yang sesuai dengan rencana kalian bekerja. Dengan melakukan penelitian tersebut nantinya ketika bekerja sudah lebih memahami dunia kerja kalian seperti apa. Dari jurnal yang dicari dan masalah yang sudah kalian dapatkan maka itu sudah menjadi tema skripsi.

Karena dari jurnal yang ada kita dapat menentukan cara terbaik yang dapat dicoba untuk menyelesaikan masalah yang ada. Jadi perbanyak mencari jurnal-jurnal agar menemukan cara yang tepat untuk dicoba di penelitian kalian.

Skripsi Itu Penelitian

Skripsi itu merupakan penelitan/eksperimen yang dilakukan mahasiswa untuk menghasilkan solusi dari masalah yang dihadapi. Karena setelah lulus masalah-masalah diluar sana sangat banyak yang perlu diselesaikan dengan pilihan cara yang tepat.

Hasil penelitian dapat berhasil dapat juga gagal. Peneltian dikatakan berhasil jika berhasil ditemukan cara tepat untuk menyelesaikan masalah. Tetapi jika penelitian tersebut gagal maka jangan berkecil hati.

Penelitian yang gagal itu juga bermanfaat. Karena jika ada masalah seperti itu jangan gunakan cara yang gagal seperti yang pernah dilakukan peneliti lain. Jadi semua penelitian yang berhasil atau yang gagal semua bermanfaat.

Tetap semangat meneliti, semoga bermanfaat.

Apa Tanggapan Anda ?