Sersan Kecil berbagi kebaikan dengan membersihkan masjid di Temanggung, Jawa Tengah.

Daerah

Sersan Kecil, Berbuat Kebaikan Tidak Harus Mahal


TEMANGGUNG – Tren komunitas – komunitas yang berkecimpung di berbagai kegiatan positif terus bertambah. Berbagai organisasi baru muncul, seakan saling berlomba untuk menonjolkan kebaikannya masing – masing. Seperti yang ada di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Puluhan pelajar di Kabupaten Temanggung yang bergabung dalam Komunitas Sebar Kebaikan Kecil (Sersan Kecil) berkomitmen untuk selalu menyebarkan kebaikan. Terbaru, para pelajar tersebut melakukan aksi bersih-bersih masjid di perumahan di kawasan Temanggung. Mulai dari membersihkan tempat wudlu, merapikan mukena, dan membersihkan seluruh bagian masjid.

Kegiatan ini merupakan pembuka program komunitas mereka. Dari tahap pertama kali ini, mereka berencana setiap sebulan sekali berkumpul dan melangsungkan aksi kebaikan kecil lainnya. Untuk bulan depan, mereka berencana melakukan aksi kebaikan di sekitar kawasan CFD.

“Sampai saat ini anggota komunitas masih dari siswa SMA Negeri 1 Temanggung. Kedepannya akan dilakukan open rekruitmen untuk sekolah lain,” jelas Linda Susanti MPd, Pembina Komunitas Sersan Kecil.

Suasana saat para pelajar membersihkan masjid.

Memang, apa yang dilakukan oleh pelajar tersebut bukan hal mewah. Akan tetapi paling tidak para siswa membuktikan bahwa berkegiatan positif tidak harus mahal. Cukup berkumpul, kemudian peka dengan keadaan sekitar lalu bertindak sesuai kemampuan yang dimiliki. Mereka memberikan bukti, bahwa melakukan kebaikan itu sangat mudah.

“Berbuat baik akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Komunitas ini bertujuan untuk membuktikan bahwa berbagi tidak hanya dengan uang, tindakan nyata juga bagian dari kebaikan. Semoga kedepan lebih banyak hal yang dapat kami lakukan,” kata Linda. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?