Peserta Pelatihan Desain Grafis Dasar mendengarkan penjelasan dari pemateri. Acara digelar tanpa adanya pungutan, alias secara gratis.

Daerah

Pelatihan Desain Grafis Dasar, Berjalan Lancar


TEMANGGUNG – Perpustakaan Desa Tlaga Ilmu Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Temanggung sukses menggelar acara Pelatihan Desain Grafis Dasar. Acara ini diikuti 17 peserta dari kalangan umum dan pelajar di sekitar daerah Temanggung. Diharapkan melalui kegiatan ini peserta tidak hanya menggunakan perkembangan sebuah teknologi semata. Tetapi, mereka juga mampu memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai upaya mengembangkan daya kreatifitas.

“Pelatihan ini memang desain grafis dasar, sehingga masih sebatas penggunaan tool-tool dasar di Aplikasi Corel Draw. Namun dapat menciptakan desain poster yang bagus dan sederhana,” kata Koordinator Pelatihan Rifiyani.

Pelatihan dilangsungkan selama dua hari di Markas Perpustakaan Desa Tlaga Ilmu. Sebagai pemateri, panitia mengundang pegiat sosial yang juga aktif di Perpusdes Tlaga Ilmu Tasrifan. Selain aktif di kegiatan sosial, Tasrifan juga merupakan jebolan Program Studi Teknik Informatika di salah satu perguruan tinggi.

Materi yang disampaikan diantaranya membuat kartu nama dan poster menggunakan aplikasi Corel Draw. Lebih dari separo jumlah peserta merupakan pelajar. Pelatihan ini bisa mendukung siswa di sekolah ketika ada event atau kegiatan intern. Siswa bisa membuat media informasi dalam bentuk poster.

Insya Allah kedepan akan ada pelatihan berkelanjutan, atau dengan tema yang lain, misalnya fotografi. Sehingga masyarakat terutama anak muda semakin kreatif. Dan itu kami selenggarakan juga secara gratis, seperti saat ini,” jelas Rifiyani.

Baca : Ayo Ikuti Pelatihan Desain Gratis

Pada kesempatan ini, ada 17 peserta yang ikut pelatihan, empat diantaranya peserta dari luar Desa Tlogopucang. Peserta terlihat antusias mengikuti acara karena jarang ada pelatihan semacam itu. Apalagi saat ini kegiatan dilangsungkan secara gratis.

“Semoga akan ada pelatihan serupa dengan materi sebagai lanjutan yang kemarin,” ujar salah satu peserta Agung.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Perpustakaan Desa Tlaga Ilmu Tlogopucang, bekerjasama dengan Perpuseru dan didukung penuh siedoo sebagai media partner. Perpuseru adalah program dari Coca Cola Foundation yang bekerjasama dengan perpustakaan desa agar menciptakan perpustakaan yang menyenangkan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan pelibatan masyarakat. Sasaran pelatihan desain grafis dasar ini yaitu para pemuda dan remaja.

Apa Tanggapan Anda ?