Daerah

Pelajar dan Mahasiswa Bersama Lintasi Alam Temanggung

TEMANGGUNG - Sekitar seribu peserta, terdiri siswa, mahasiswa dan masyarakat mengikuti Lomba Lintas Alam yang dilaksanakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (18/11/2018). Lomba lintas alam ini melewati 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Temanggung, Kecamatan Tembarak dan Kecamatan Selopampang dengan jarak 13 km. Jalur yang berliku dan menanjak memberikan tantangan tersendiri bagi para peserta.

Dalam perjalanan, para peserta harus mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panitia melalui angket. Dewan Penggalang (Dega) Mts Negeri 2 Temanggung mengirimkan empat regu, yang terdiri dari 2 regu putra dan 2 regu putri.

“Antusiasme dewan penggalang untuk mengikuti lomba ini sangat tinggi,” kata Untung Hidayat, Pembina Pramuka.

Ia berharap dengan mengikuti lomba ini, Dewan Penggalang lebih mencintai alam dan menjaga alam sekitarnya.  Selain itu juga mengenal daerah Temanggung yang sebagian berada di Lereng Gunung Sumbing.

Lomba lintas alam ini diikuti kurang lebih 350 regu.  Setiap regu terdiri dari 3 peserta. Mereka berasal dari perwakilan sekolah mulai dari SMP/MTs, SMA/MA/SMK, serta para pecinta alam, mulai dari perwakilan universitas maupun komunitas yang ada di Temanggung. Bahkan, banyak peserta yang berasal dari luar Temanggung.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Hari Sumpah Pemuda ke 73 dan HUT Kabupaten Temanggung ke 184. Lomba lintas alam juga dibuka Bupati Temanggung M Khadzik. Dalam sambutannya M Khadzik memberikan apresiasi kepada KNPI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Ia pun menghimbau kepada peserta untuk menikmati pemandangan alam sekitar. Serta menjaga kebersihan dan berkomunikasi dengan orang sekitar.

Sementara itu, salah satu peserta lomba Fauzi mengatakan, dengan lomba ini, ia lebih mengetahui tentang alam Temanggung. Lebih lanjut dia berharap agar bisa ikut lomba ini setiap tahun.

Adapun regu Mts Negeri 1 Temanggung finish diurutan ke 7 dan regu Mts Negeri 2 Temanggung finish diurutan 30. Dengan demikian, mereka berhak mendapatkan penghargaan medali karena termasuk 100 regu finish pertama.

 

*Muhammad Arif Masduqi

Guru Matematika Mts Negeri 2 Temanggung, Jawa Tengah.

Apa Tanggapan Anda ?