Daerah

MTs N 2 Temanggung Ikut Salurkan Zakat Fitrah ke Masyarakat 

TEMANGGUNG - Seperti tahun sebelumnya, Madrasah tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Temanggung, Jawa Tengah kembali menyalurkan zakat fitrah di bulan Ramadhan ini. Penyerahan zakat fitrah kepada masyarakat sekitar dilangsungkan secara simbolis oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana dan Prasarana H. Asrofi, S.Ag. Penyerahan dilaksanakan di Mushola MTs Negeri 2 Temanggung, Selasa 28 Mei 2019.

Zakat fitrah ini dikumpulkan oleh pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Dewan Penggalang (Dega) MTs N 2 Temanggung.

“Pengumpulan dan pembagian zakat fitrah merupakan kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan,” kata Ketua Panitia Sapri Sahyudi.

Selain itu, kegiatan ini sebagai praktik pembelajaran siswa tentang mata pelajaran Fiqih. Dengan demikian, diharapkan para siswa lebih paham dengan alur kegiatan zakat fitrah.

Di tahun ini, MTs N 2 Temanggung menyalurkan sebanyak 246 paket. Siti Muawanurrodliyah, Pembina OSIS mengatakan, selain diserahkan kepada warga sekitar madrasah, zakat ini juga diserahkan kepada lembaga / ta'mir masjid yang mengajukan permohonan kepada panitia.

Sehingga, pembagian zakat ini bisa tersampaikan kepada mustahiq secara luas. Dengan mengeluarkan zakat fitrah, berarti para siswa telah melaksanakan perintah agama. Selain itu, untuk membersihkan jiwa dan raga dengan berkewajiban menunaikan zakat fitrah.

“Untuk tahun ini yang mengumpulkan zakat hanya kelas 7 dan 8. Sehingga mohon maaf apabila tidak sebanyak tahun kemarin,” imbuh H. Asrofi.

Pada kesempatan itu, ia mengingatkan kepada warga sekitar untuk memakmurkan mushola madrasah. Caranya digunakan untuk sholat berjamaah, walaupun itu hanya untuk sholat Magrib, Isya, dan Subuh. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?