Membentuk pendidikan karakter melalui pameran dan pentas seni di Mts Negeri 2 Temanggung, Jawa Tengah. foto : Muhammad Arif Masduqi/Siedoo

Daerah

Tumbuhkan Karakter Siswa untuk Berwirausaha

DPRD Kota Magelang

TEMANGGUNG - Para siswa Mts Negeri 2 Temanggung, Jawa Tengah menggelar Pameran Kerajinan dan Bazar Makanan Tradisional di halaman sekolahnya. Kegiatan ini pun mendapatkan respon yang baik dari siswa kelas 7 dan 8.

Terbukti, dengan panjangnya antrian guna masuk ke masing - masing kelas 9 untuk melihat hasil karya kakak kelasnya. Selain itu, pemandangan yang meriah juga terlihat pada bazar makanan tradisional karena dipengaruhi dengan harga yang murah dan terjangkau oleh para siswa.

Hal ini membuat makanan yang dijual cepat habis dalam waktu kurang dari 2 jam. Kegiatan yang baru pertama diadakan ini, mendapatkan dukungan positif dari para guru.

“Saya sangat mendukung dengan kegiatan ini, semoga ditahun depan bisa lebih meriah lagi,” kata Joko Prasetyo, Waka Kurikulum Mts Negeri  2 Temanggung.

Selain pameran, ada juga acara pentas seni. Hal ini akan menumbuhkan karakter siswa yang mencintai kesenian dan kebudayaan daerahnya. Adapun dengan bazar makanan tradisional, dapat menumbuhkan karakter siswa untuk berwirausaha mulai sejak dini.

Pada acara seni, siswa-siswi kelas IX Mts N 2 Temanggung menampilkan beberapa pertunjukan. Diantaranya pentas seni kebudayaan jawa, dan pameran hasil kerajinan tangan yang dilaksanakan selama dua hari.

Khusus pameran dan pentas seni, dilaksanakan dalam rangka ujian praktek mata pelajaran seni budaya kelas 9. Ernawati Abadi, guru mapel seni budaya mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas 9 karena sebagai bahan ujian praktek.

Dia berharap, dengan kegiatan ini, siswa - siswi dapat lebih mencintai kesenian dan kebudayaan Jawa yang merupakan kebudayaan asli Indonesia. Anggota Osis menjadi penampil pertama dengan grup musik akustik saat pentas seni. Dilanjutkan oleh anggota Dewan Penggalang dengan menampilkan tari cemani.

Kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan dari masing - masing kelas IX dengan jumlah 7 penampilan. Mulai dari kesenian dayakan, warokan, hewan hewanan, tari kecak tari kewer-kewer dan drama. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang