Daerah

Bentuk Pendidikan Karakter, TNI Gembleng Siswa SMP Mutual

MAGELANG - Para siswa - siswi SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Jawa Tengah mendadak menjadi "penghuni" Markas Yon Armed 11 Kostrad. Selama tiga hari, para siswa - siswi mengikuti Pendidikan Karakter yang diampu langsung oleh Anggota TNI. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama SMP Mutual dengan Yon Armed 11 Kostrad sebagai bentuk kepedulian dan kesadaran dalam mengembangkan karakter generasi bangsa.

Pendidikan Karakter dengan Yonarmed 11 Kostrad diharapkan mampu memberikan perubahan sikap diantara siswa siswi SMP Mutual. Terlebih adalah sikap disiplin yang menjadi salah satu unsur penting dalam motivasi pendidikan yang akan bertimbal balik dalam kualitas pendidikan.

“Peserta yang ikut pendidikan karakter adalah siswa kelas 8 dan kelas 9," jelas Kepala SMP Mutual Wasiun, M. Pd.I, seperti siaran pers yang diterima Redaksi Siedoo.

Karakter merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap pribadi seseorang. Sekolah formal merupakan salah satu tempat untuk mendidik karakter seseorang, meskipun lingkungan keluarga adalah sekolah pertama dalam membentuk karakter seseorang.

Banyak cara dan strategi yang dapat dilakukan untuk memberikan pendidikan karakter dalam diri seseorang ditengah kegalauan bangsa dalam hal moralitas. Moralitas, akhlak, atau karakter menjadi barang mahal yang harus dipertahankan karena menjadi jati diri seseorang.

"Untuk kelas 7 anak-anak sudah diberikan pendidikan karakter melalui outdoor activity beberapa hari yang lalu. Semoga setelah pulang dari Yon Armed 11 Kostrad siswa-siswi kelas 8 dan kelas 9 lebih sadar tentang penting nilai-nilai kedisiplinan yang berpengaruh pada prestasi siswa,” jelas Wasiun.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Kepala Sekolah Ahmad Haryanto S. Pd.I kepada Komandan Batalyon Yonarmed 11 Kostrad dalam upacara pembukaan di lapangan Asrama Yon Armed 11 Kostrad, Rabu (10/10/2018). Ahmad Haryanto mengucapkan terima kasih kepada Komandan Batalyon Yon Armed 11 Kostrad yang telah menerima siswa-siswi SMP Mutual untuk bekerjasama dalam menggembleng karakter anak-anak.

"Selama tiga hari anak-anak kami serahkan kepada Yon Armed 11 Kostrad untuk mendapatkan pendidikan karakter khususnya tentang kedisiplinan dan menejemen waktu. Sehingga nantinya anak-anak mampu sadar dan memanfaatkan waktu dengan baik,” jelas Ahmad Haryanto. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?