SD Mutual Kota Magelang mengajak siswa untuk nobar film Islami Inspiratif 2017.

Daerah

Siswa Nonton Film untuk Wujudkan Pendidikan Karakter

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Sekitar 800 orang, mulai dari siswa, orang tua siswa bersama para guru SD Muhammadiyah I Alternatif (SD Mutual) Kota Magelang mendatangi Platinum Cineplex Magelang. Mereka menggelar acara nonton bareng film Islami Inspiratif 2017 yaitu film Iqro`. Agenda nobar ini memang menjadi agenda penting dalam kegiatan jeda setelah menempuh ujian tengah semester genap, beberapa hari yang lalu.

Sesuai dengan slogan yang sudah memasyarakat Islamic, Creative, Innovative and Competitive School, SD Mutual memanfaatkan media film untuk mendukung sukses visi misinya. Salah satunya yaitu memiliki siswa yang rajin ibadah, berilmu dan berakhlak mulia.

“Zaman semakin maju, modern dan kompleks, globalisasi tidak bisa terhindarkan. Kita butuh kembali mendekati anak-anak kita untuk memperkuat karakter dan akhlaknya agar mampu memberikan contoh yang sesuai dengan akar budaya bangsa,” kata Kepala SD Mutual Kota Magelang Mustaqim SPd I MPd.

Acara ini merupakan buah program, dari “Nonton Bareng Film Islami Inspiratif Islami 2017; Film Islami, Karakterku”. Film Islami yang inspiratif dinilai tepat sekali untuk memperkuat jiwa karakter anak agar muncul akhlak yang mulia. SD Mutual tidak mungkin lagi mendongengkan cerita- cerita mistis, khayalan, dan sebagainya. Saat ini zamannya sudah berubah.

“Tetapi melalui film Islami, anak-anak akan mendapatkan pengganti cerita dongeng yang lebih baik. Mudah-mudahan, acara ini bermanfaat untuk kita semua,” jelas Mustaqim.

Humas SD Mutual Kota Magelang Wati Prihayanti SAg MPd mengatakan, tujuan program ini memberi kesempatan bagi para siswa SD Mutual, tenaga pendidik dan orang tua untuk menonton film Islami berkualitas. Film yang bernuansa pembangunan karakter bangsa.

“Ini sesuai dengan tujuan program, membangun karakter bangsa dengan film sebagai media internalisasi nilai-nilai karakter bangsa. Melalui penciptaan tokoh-tokoh Islami, inspiratif dan jalan cerita yang terdapat dalam film,” jelasnya.

Sementara, disisi lain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia saat ini tengah menggalakkan sosialisasi dan edukasi pengembangan nilai budaya dan pendidikan karakter bangsa yang dituangkan dalam 18 nilai karakter bangsa. Diantaranya religius, jujur, toleransi, kerja keras, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis dan sebagainya. Hal itu betul-betul dilaksanakan dan ditanamkan dalam diri para siswa SD Mutual Kota Magelang.

Seperti yang diketahui, tontonan dapat menjadi salah satu upaya bagi pendidikan karakter yang paling mudah merasuk ke dalam pikiran dan jiwa anak-anak. Melalui film, anak-anak belajar berbagai hal positif yang akan berguna bagi kehidupannya kelak. Karena itulah SD Mutual Kota Magelang kembali menyelenggarakan kegiatan yang terprogram tersebut.

Nobar ini juga tidak lepas dari rata-rata keluhan orang tua siswa. Fenomena yang terjadi saat ini dinilai sulit sekali untuk mendorong anak rajin mengaji, shalat, dan belajar. Anak pandai ilmu akdemis dan shalih akhlaknya, adalah dambaan semua orang tua.

Dengan kemajuan zaman yang semakin canggih dan modern, terkadang membuat orang selalu membolak-balikkan akal sehat agar anak-anak tetap eksis. Kebanggaan tersendiri jika anak-anak pandai mengaji, rajin ibadah, berakhlak mulia, dan semua mata pelajaran di sekolah nilainya 100. Berbekal fenomena inilah, SD Mutual Kota Magelang melaksanakan nobar bersama para siswa.

Apa Tanggapan Anda ?