PENILAIAN. SMK Muhammadiyah 1 Borobudur saat menjalani Penilaian Sumatif Akhir dan Tengah Semester. (foto: ist)
Siedoo.com - PENILAIAN. SMK Muhammadiyah 1 Borobudur saat menjalani Penilaian Sumatif Akhir dan Tengah Semester. (foto: ist)
ADV Daerah Pendidikan

SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Gelar Penilaian Sumatif Akhir dan Tengah Semester

MAGELANG, siedoo.com – SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Kabupaten Magelang kembali menggelar Penilaian Sumatif Akhir dan Tengah Semester, 18 – 28 Maret 2024.

Hal itu dilakukan untuk memastikan pencapaian akademik siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Termasuk juga sebagai salah satu langkah evaluasi penting dalam proses pendidikan.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Sri Pangestuti, S.Pd mengatakan, penilaian tersebut merupakan bagian integral dari upaya sekolah untuk memastikan bahwa setiap siswa mencapai standar akademik yang ditetapkan.

“Penilaian Sumatif Akhir dan Tengah Semester adalah momen penting bagi kami untuk mengevaluasi kemajuan siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka berkembang lebih baik,” katanya, kemarin.

Para siswa yang turut mengerjakan ujian itu menunjukkan rasa syukur dan kebahagiaan mereka atas kemudahan mengerjakan dan berharap mendapatkan hasik yang baik.

“Kami sangat bersyukur dan senang sudah di pertengahan semester. Ini adalah langkah baik kami kedepan supaya bisa mendapatkan tujuan dan hasil yang kami inginkan,” aku Rizki Alfian, siswi Kelas XI Akuntansi.

Penilaian Sumatif Tengah Semester, yang berlangsung pada bulan Maret, memberikan gambaran awal tentang kemajuan siswa sejauh ini dalam kurikulum semester yang sedang berjalan.

Sementara itu, Penilaian Sumatif Akhir bertujuan untuk menilai pemahaman siswa terhadap materi pelajaran secara keseluruhan selama satu tahun ajaran.

Proses penilaian dilakukan melalui serangkaian tes dan ujian yang meliputi berbagai mata pelajaran, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan bidang studi kejuruan.

Soal-soal yang disiapkan oleh guru-guru telah dirancang dengan cermat untuk mencakup berbagai tingkat kesulitan, sehingga dapat mengukur pemahaman siswa secara holistik.

Selain aspek akademik, penilaian ini juga memperhatikan keterampilan non-akademik siswa, seperti keterampilan komunikasi, kreativitas, dan kemampuan kolaborasi.

Baca Juga :  HAB ke-77 di Magelang Diwarnai Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama

Proses penilaian ini tidak hanya bertujuan untuk mengukur penguasaan materi pelajaran, tetapi juga untuk mengembangkan berbagai kemampuan penting yang akan berguna bagi siswa di masa depan.

Para guru SMK Muhammadiyah 1 Borobudur juga terlibat aktif dalam proses penilaian ini. Mereka tidak hanya sebagai penyelenggara ujian, tetapi juga sebagai pengamat yang memantau perkembangan siswa dan memberikan dukungan serta bimbingan yang diperlukan.

Setelah proses penilaian selesai, hasilnya akan dievaluasi secara menyeluruh untuk menentukan kemajuan siswa dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa mendatang.

Umpan balik akan diberikan kepada siswa untuk membantu mereka memahami kelebihan dan kekurangan mereka, serta memberikan arahan tentang area-area yang perlu diperbaiki.

Penilaian Sumatif Akhir dan Tengah Semester di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur bukan hanya sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu siswa mencapai potensi maksimal mereka. (fatih/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?