Tokoh

Chyntia Novalinda, Mahasiswi Berprestasi Peraih Juara II GenRe Jateng

Siedoo, Chyntia Novalinda, mahasiswi Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah berhasil meraih juara 2 Duta Generasi Berencana (GenRe) Jawa Tengah Tahun 2018. Atas prestasinya tersebut, Chyntia mendapatkan apresiasi dari universitas berupa sambutan dari Rektor UM Magelang yang didampingi Wakil Rektor 3, di Gedung Rektorat Kampus 2 Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Dalam Pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018, mahasiswa UM Magelang, merupakan peserta wakil dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Magelang. GenRe merupakan duta yang mengajak para remaja untuk menjadi remaja yang sehat, bebas narkoba dan terhindar dari seks bebas. Pada ajang Pemilihan Duta GenRe tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018, diikuti 70 peserta dari 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah.

“Seleksi yang harus diikuti peserta, antara lain ujian tulis, wawancara, persentasi penyuluhan dan tes bakat,” ujar Chyntia.

Mahasiswi semester 3 Program Studi Akuntansi FEB UM Magelang itu mempunyai beberapa prestasi. Diantaranya menjadi Juara 1 Duta Wisata Kabupaten Magelang dan Duta GenRe Kabupaten Magelang. Disamping itu, gadis kelahiran 20 tahun silam tersebut juga menekuni dunia modelling dan jurnalistik. Ia juga pernah menjuarai Fotogenic Kabupaten Magelang pada tahun 2009.

“Setelah menyelesaikan kegiatan ini, saya akan melanjutkan misi untuk membantu Dinas OPDKB Kabupaten Magelang untuk melaksanakan program. Diantaranya memberikan penyuluhan dalam membentuk kampung KB,“ ungkap Chyntia.

Selain itu, ia juga membantu BKKBN dalam menyukseskan program Bina Keluarga Remaja (BKR) dan program-program GenRe. Seperti mensosialisasikan substansi-substansi GenRe ke sekolah maupun perguruan tinggi agar menciptakan remaja-remaja yang mempunyai tujuan hidup.

Apa Tanggapan Anda ?