Advertorial Daerah

SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan Terapkan Multiple Intelligences

Siedoo, Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah merupakan sekolah abad 21 yang mengusung konsep pendidikan yang berbasis pada nilai – nilai keislaman. Hal tersebut dikemas dalam pendidikan yang Inovatif dan berkemajuan, sesuai dengan visi sekolah, Menjadi SD yang Inovatif, Islami dan Berkemajuan.

Demi menjawab tuntutan zaman dan menyongsong generasi emas 2045, SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan menghadirkan pendidikan yang berbeda dengan sekolah – sekolah lain. Salah satunya dengan penerapan Multiple Intelligences (MI) / kecerdasan majemuk.

Menurut teori MI, anak setidaknya memiliki delapan kecerdasan yang berbeda antara satu anak dengan anak lainnya. Maka, harapannya dengan pendidikan MI anak akan tumbuh kembang sesuai dengan kecerdasannya masing – masing.

Hal tersebut menjawab kegelisahan masyarakat, tentang kebanyakan sekolah yang hanya mengusung pendidikan yang berorientasi pada kecerdasan kognitif. Anak-anak selalu dibebankan pada tuntutan nilai yang tinggi dan lain sebagainya.

Melalui penerapan Multiple Intelligences, anak tidak lagi dipaksakan untuk cerdas secara kognitif yang menjadikan beban bagi anak, tetapi anak diberi kesempatan tumbuh sesuai bakatnya masing – masing.

Penerapan Multiple Intelligences dengan sebutan keren SD Inova tersebut, dibingkai dalam dua ranah diantaranya, ranah pertama dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) antara anak satu dengan yang lainnya tidak disamakan dalam beban belajar sesuai dengan kemampuan anaknya masing-masing.

Ranah yang kedua ialah mewadahi kecerdasan majemuk anak melalui kegiatan ekstrakurikuler meliputi, ekstra Seni (Lukis & Tari, Angklong, Qiraah), ekstra Olahraga (Futsal, Renang, Memanah, Bela diri) dan ekstra Pengembangan diri anak ( Pramuka, HW, Kelas Prestasi (Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Tahfidz Tematik).

Sekolah yang berada dibawah naungan Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang tersebut, beralamat di Jalan KH Irsyad Pandansari Sumberrejo Mertoyudan Magelang, Kesehariannya dalam KBM dan program sekolah, berorientasi pada nilai – nilai keislaman.

Selain itu, kegiatan yang berkaitan dengan hari nasional juga diisi kegiatan sebagai salah satu penunjang pembelajaran pada anak. Salah satunya pada Sabtu (16/11/2019) SD Inovatif memperingati hari Pahlawan, Maulid Nabi Muhammad SAW dan Milad Muhammadiyah ke 107 yang dijadikan dalam satu kegiatan.

Peringatan tiga moment dalam satu kegiatan tersebut, diisi dengan kegiatan lomba mewarnai untuk memperingati hari Pahlawan yang diikuti kelas 1 dan 2. Lomba menulis cerita bertemakan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diikuti kelas 5 dan 6. Sedangkan lomba Kaligrafi untuk memperingati Milad Muhammadiyah yang diikuti oleh kelas 3 dan 4.

Alasan pelaksanaan digabungkannya tiga moment tersebut, karena pihak sekolah ingin mempersingkat waktu. Hal tersebut berkaitan dengan waktu yang berdekatan UAS (Ujian Akhir Semester). (*)

Apa Tanggapan Anda ?