Para siswa SD Mutual Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah menggalang dana untuk korban gempa Lombok. Foto:SM.net

Nasional

Siswa SD Mutual Magelang Peduli Korban Gempa


Siedoo, Para siswa SD Muhammadiyah  Satu Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah terketuk hatinya ketika mengetahui musibah gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Mereka pun melakukan aksi solidaritas dengan melakukan salat gaib serta menggalang dana dan diikuti para guru dan karyawan. Dana yang terkumpul sebesar Rp 23.115.000 (7/08/2018).

Kepala SD Mutual, Mustaqim, mengatakan aksi penggalangan dana dilaksanakan sebagai bentuk keprihatinan atas musibah gempa bumi  yang  terjadi di  Pulau Seribu Masjid tersebut. Hal itu sekaligus  untuk memberikan pendidikan karakter bagi para siswa dan juga mengasah rasa kepedulian sosial  terhadap masyarakat yang sedang tertimpa bencana.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk  menanamkan pendidikan karakter terhadap anak-anak sejak usia dini,” katanya.

Menurutnya, aksi serupa juga pernah dilakukan dilaksanakan, usai terjadi gempa bumi di Garut Jawa Barat, banjir bandang di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang dan musibah tsunami di Aceh.

Dalam kegiatan itu, Vaqisya Zahra, salah satu siswa kelas 3 dengan senang hati mengikhlaskan tabungan yang dikumpulkan dalam sebuah celengan disumbangkan untuk para korban gempa bumi di Lombok. Bahkan, ia tidak mengetahui secara pasti jumlah uang dalam celengan birunya. Vaqisya mengaku menabung di celengan itu sejak duduk di bangku TK.

“Saya menabung sejak TK di celengan ini dan sudah penuh.  Tidak tahu jumlahnya berapa,” akunya.

Vaqisya mengungkapkan, kemauan menyerahkan seluruh tabungannya  untuk membantu para korban gempa bumi atas inisiatif sendiri tanpa ada dorongan maupun arahan orang tuanya.

“Itu ide saya sendiri, tetapi saya tetap ijin ibu dulu dan ibu membolehkan,” ungkapnya.

Sumbangan yang dikumpulkan dari 997 siswa SD Mutual beserta guru serta karyawan sebesar Rp 23.115.000 tersebut terdiri dari pecahan  dengan nominal bervariasi dari terkecil Rp 2.000 sampai terbesar Rp 100.000. Selanjutnya sumbangan itu disalurkan untuk korban gempa bumi Lombok melalui Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Magelang.

 

Sumber:InfoMutual/SM/(NSK)

Apa Tanggapan Anda ?