Personel Nikami Band. (foto: ist)

Daerah Tokoh

Nikami Band Sarat Prestasi, Diawaki Pelajar SMP


MAGELANG – Pembelajaran seni musik di SD maupun SMP sudah mulai berkembang pesat. Musik merupakan pembelajaran seni yang digunakan untuk melatih mental dan keterampilan untuk mengolah emosional seorang anak.

Kota Magelang, Jawa Tengah mempunyai salah satu band pelajar yang kini sedang mempunyai prestasi yang signifikan. Nikami Band, merupakan band pelajar asal Kota Magelang yang terbentuk pada awal Mei 2015. Sejak di bangku SD telah membuahkan berbagai prestasi karena sering menjuarai kompetisi festival band pelajar dan event besar area Kedu dan DIY.

Formasi band tersebut Nadinda (vocal) SD Magelang 6, Zacky (gitar) SMP 7 Kota Magelang, Rama (bass) SMP 2 Kota Magelang, Naufa (keyboard) SMP 1 Kota Magelang, Kynan (drum) SMP 1 Kota Magelang.

Beberapa personil seperti Kynan dan Nafa merupakan alumni SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang yang sudah mempunyai bakat bermusik sejak SD.

Mereka menekuni musik dengan mengikuti sekolah musik di luar sekolah dan juga tambahan eskstra musik di SD Muhammadiyah 1 Alternatif.

Berbagai prestasi dan event band ini dia ntaranya juara 2 akustik tingkat umum, juara 3 festival band pelajar SMP, band pembuka Letto di Kaliurang, band pembuka Sheila On 7, band pengisi Musik Kita di TV Temanggung.

Prestasi tersebut otomatis menjadi kebanggan Kota Magelang dan juga para orang tua yang selalu mendukung langkah mereka dalam bermusik.

Kerjasama dan kekompakan antar personil tentunya menjadi prioritas dalam perjalanan bermusik. Latihan yang rutin serta terus belajar dari berbagai referensi juga membantu mereka untuk menumbuhkan ide dan aransemen musik.

“Kami harus pandai mengatur jadwal antara sekolah dan latihan,” kata Kynan drummer Nikami.

Dinyatakan, tugas utama mereka adalah belajar, tidak ingin mengecewakan orang tua karena merekja adalah pemberi semangat. Keterampilan dalam bermusik merupakan motivasi dan penyeimbang dalam belajar di sekolah.

Baca Juga :  SD Mutual Sabet Juara Nasional Budaya Mutu

“Mengembangkan kreativitas dan memberikan hiburan kepada teman atau pun masyarakat umum. Terima kasih dukungan orang tua, guru, dan teman hingga sampai saat ini yang sudah memberikan semangat,” tandasnya.

Kedepan Nikami band akan terus eksis dalam berkompetisi untuk mengisi kegiatan bermusik di berbagai event. Harapannya menambah pengalaman dan memberikan motivasi kepada sekolah lain untuk berpartisipasi dikompetisi festival band dari tingkat kota sampai nasional. Tetap berkreativitas untuk mewarnai prestasi siswa dunia pendidikan di Indonesia. (*)

Penulis: Jodi

Guru SD Mutual Kota Magelang, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?
SD Mutual Kota Magelang