Korps Sukarela Palang Merah Indonesia unit Untidar mengajak siswa untuk berperilaku hidup sehat.

Daerah

Tularkan ke Siswa Cara Hidup Sehat


MAGELANG – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Balesari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang didatangi Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit Universitas Tidar (Untidar) Magelang. Mereka menggelar kegiatan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di MI Al-Islam. Acara di Lereng Sumbing ini diikuti 44 Siswa dari kelas 4 dan 5.

Peserta mendapatkan materi terkait cara menyikat gigi yang baik dan benar. Materi lainnya soal mencuci tangan dengan benar, pentingnya air untuk kesehatan dan penjelasan standar minimal kebersihan toilet. Selain mendapatkan materi, peserta juga membersihkan lingkungan sekolah. Setelah itu, mereka juga mempraktekkan langsung mencuci tangan dengan benar.

Kepala MI Al-Islam Balesari Dwi Nuryati S PdI mengatakan, melalui kegiatan ini siswa diharapkan mempunyai pola hidup sehat dan bersih. Ia pun berharap, kegiatan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan.

“Ini sangat bagus, saya harap kegiatan ini dapat berjalan secara berkelanjutan. Terlihat juga tingkat antusias siswa sangat tinggi,“ katanya.

Sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat ini salah satu rangkaian acara dari volunteer week. Terdapat beberapa acara lain seperti seminar donor darah dan diseminasi kepalangmerahan, donor darah dan konsultasi kesehatan. Serta, yang terakhir terkait kampus siaga bencana.

Ketua Panitia Ani Arina menjelaskan, kesehatan menjadi masalah utama yang selalu diperhatikan. Hal ini ditanamkan sejak dini pada diri anak-anak yang belum paham. Atau bahkan ke anak yang tidak tahu bagaimana cara menjaga kebersihan agar tercapainya hidup sehat dan bersih.

“Semoga dengan kegiatan ini anak-anak MI Al-Islam Balesari dan masyarakat sekitar dapat mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat. Serta, menularkan ilmu yang didapat kepada teman-temanya dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Apa Tanggapan Anda ?