Brana Nuswantara, pamerkan busana karya siswa SMKN 3 Kota Magelang.

Daerah

Siswa SMK Pamerkan Kekayaan Kain Indonesia


MAGELANG – Berbagai model busana dipamerkan kepada warga Magelang dan sekitarnya di Atrium Artos Mall, Jumat (13/4/2018). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kota Magelang, Jawa Tengah menampilkan model busana dari karya terbaik para siswa siswinya. Gelar Karya SMKN 3 ini bertujuan meningkatkan mutu sumber daya manusia, dalam menyiapkan tenaga terampil untuk bekerja secara mandiri maupun mengisi kesempatan kerja.

Gelar Karya acara tahunan kali ini mengangkat tema Brana Nuswantara yang berarti kekayaan nusantara. Dengan demikian, busana yang ditampilkan terbuat dari kekayaan kain Indonesia, seperti batik, tenun, dan lurik.

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan bentuk pertanggungjawaban pihak sekolah kepada orang tua siswa. Selain itu, sesuai dengan kurikulum yang ada, hasil karya siswa haruslah ditampilkan di depan publik,” ujar Wakil Kepala SMKN 3 Kota Magelang Drs. Tohibin.

Terselenggaranya acara ini merupakan hasil kolaborasi dari seluruh jurusan yang ada di SMKN 3 Kota Magelang. Tidak hanya dari jurusan tata busana saja, acara ini juga melibatkan jurusan multimedia, tata rias dan kecantikan, serta jurusan lainnya.

“Contohnya adalah para model dirias oleh siswa siswi dari tata kecantikan. Dokumentasi foto dan video dikerjakan siswa – siswi dari jurusan multimedia,” jelas Tohibin.

Adapaun jenis busana yang ditampilkan terdiri dari busana kerja, busana pesta, busana muslim, dan kebaya. Total ada 99 karya dari 99 desainer yang merupakan kelas 12 jurusan tata busana SMKN 3 Kota Magelang.

“Karya yang dipamerkan adalah hasil dari ujian praktik kejuruan tata busana siswa kelas XII,” jelas Ketua Panitia Erinawati.

Pagelaran kali ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan di Artos Mall. Acara yang berlangsung sekitar 2 jam tersebut, ramai dikelilingi penonton. Tak hanya dari siswa siswi SMKN 3, pengunjung Artos Mall pun turut meramaikan atrium.

“Selamat atas keberhasilan dan suksesnya acara pagelaran ini. Semoga kedepan, gelar karya dapat terlaksana dengan lebih baik lagi,” kata Public Relation Artos Mall Dian Indri.

Apa Tanggapan Anda ?