PERS. Kepala Disporapar Kota Magelang, Sarwo Imam Santosa saat memberikan keterangan pers. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - PERS. Kepala Disporapar Kota Magelang, Sarwo Imam Santosa saat memberikan keterangan pers. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Simak Deretan Acara Malam Tahun Baru di Kota Magelang, Puncaknya Pentas Kembang Api

MAGELANG, siedoo.com – Malam tahun baru di Kota Magelang, Jawa Tengah akan berlangsung meriah yang terpusat di alun-alun setempat, 31 Desember – 1 Januari 2024.

———

Semua itu akan masuk dalam tajuk “Magelang Vaganza Gebyar Tahun Baru”.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) serta instansi terkait.

“Event ini untuk memberikan hiburan bagi masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Magelang agar mereka senang dan menambah lama tinggal di Kota Magelang,” kata Kepala Disporapar Kota Magelang, Sarwo Imam Santosa, belum lama ini.

Ragam pertunjukan yang dihadirkan antara lain bazzar kuliner, kontes masak nasi goreng magelangan, parade kesenian daerah dan modern, band, tari, fashion on the street.

Puncaknya, doa bersama lintas agama dan ditutup dengan pentas kembang api tepat pada malam pergantian tahun baru.

Selain itu juga di kawasan Titik Nol hingga Jalan Pemuda (Pecinan) yang akan menghadirkan ratusan stand kuliner menarik.

Tak kalah seru, akan ada kontes memasak nasi goreng Magelangan, chinese food, parade drumband dan barongsai di kawasan tersebut.

Disampaikan Imam bahwa kegiatan ini bertujuan untuk promosi kebudayaan, destinasi pariwisata, kuliner makanan khas Magelang, ke kancah nasional maupun internasional.

Imam mengutarakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan OPD terkait mengenai pengaturan lalu lintas di sekitar pelaksanaan kegiata. Dia memaparkan, jalan mulai CPM sampai Apotek Sumbing (Pecinan) akan ditutup mulai pukul 14.00 WIB pada 31 Desember 2023.

“Sedangkan hari kedua, 1 Januari 2024, jalur tersebut akan diterapkan sistem buka tutup. Ketika acara berlangsung maka akan ditutup, jika sudah selesai akan dibuka kembali,” imbuh Imam.

Pihaknya memastikan ketersediaan kantong-kantong parkir yang dapat dimanfaatkan warga yang hendak menikmati “Magelang Vaganza”.

Baca Juga :  Mahasiswa Teknik Bangunan Unimed Diharap Berinovasi dalam Bidang Perumahan

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol Cleanliness, Health and Safety (CHS), dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Kota Magelang, Laila Wulandari menambahkan “Magelang Vaganza” digelar dalam rangka untuk memperkenalkan dan mempromosikan kuliner tradisional khas Kota Magelang, sekaligus mengembangkan dan melestarikannya.

Kuliner khas Magelang seperti nasi goreng magelangan, sop senerek, sopo empal, wedang kacang dan sebagainya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga dan memberikan hiburan bagi masyarakat Kota Magelang,” katanya.  (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?