DIWISUDA. Puluhan lansia di Kota Magelang diwisuda di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, Selasa (10/10/2023). (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - DIWISUDA. Puluhan lansia di Kota Magelang diwisuda di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, Selasa (10/10/2023). (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Bahagianya, Puluhan Lansia di Kota Magelang Jalani Wisuda Sekolah Lansia Hebat

MAGELANG, siedoo.com – Puluhan lansia di Kota Magelang diwisuda setelah mengikuti Sekolah Lansia Hebat. Mereka menjalani prosesi tersebut di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, Selasa (10/10/2023).

———

Wisuda kali ini merupakan peserta Sekolah Lansia Hebat Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, yang telah dilaksanakan sejak 15 Juni – 1 September 2023.

Penghargaan tanda wisuda diberikan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang Hamzah Kholifi dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz.

Saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz, Hamzah memberikan apresiasi tinggi kepada para lansia yang telah menunjukkan komitmennya untuk belajar di sekolah lansia hebat.

Di Kota Magelang, pada akhir tahun 2022 terdapat 18.760 penduduk berusia diatas 60 tahun. Jumlah tersebut menempati proporsi 15,41 persen dari keseluruhan populasi penduduk di Kota Magelang.

“Hadirnya Sekolah Lansia Hebat adalah salah satu bentuk ikhtiar untuk mengayomi para lansia agar tetap sehat dan produktif. Kesediaan para lansia untuk kembali terlibat dalam aktivitas belajar, adalah inspirasi bahwa umur tidak menjadi batasan atau penghalang untuk mempelajari hal-hal baru,” tuturnya.

Sekolah lansia hebat juga mengingatkan tentang hakikat awal dari “sekolah”. Sekolah bukanlah semata menunjuk pada institusi formal yang menawarkan gelar akademis.

Sebagaimana diwasiatkan Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara, sejatinya “setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah”.

Kepala DP4KB Kota Magelang Nasrodin menjelaskan Sekolah Lansia digelar dengan tujuan untuk mewujudkan lansia hebat, bahagia, produktif, mandiri dan sejahtera.

Sekolah ini telah diikuti sebanyak 40 siswa lansia dengan dibantu oleh 5 orang pengurus.

“Wisuda sekolah lansia hebat ini ada rasa bahagia dan haru. Bahagia karena para lansia ini bisa bersosialisasi, bertemu, beraktivitas bersama dengan lansia lainnya, sehingga bisa menjamin kesehatan mental dan emosinal,” terangnya.

Baca Juga :  Zaleha Rumadi Mahasiswa UNIMMA Lolos IISMA 2024

Wisuda kali ini merupakan wisuda periode kedua. Sebelumnya pada periode pertama diselenggarakan di Kelurahan Jurangombo Selatan.

Materi sekolah meliputi kesehatan lansia, pelatihan keterampilan, permainan, gizi lansia, keagamaan dan spiritual. Materi disampaikan dan dikemas dengan menyenangkan sesuai dengan kemampuan.

“Sama halnya sekolah, di sekolah lansia ini juga ada Kepala Sekolah, Wali Kelas, sekretaris kelas dan bendahara. Mereka belajar sepekan 2 kali, yakni setiap Rabu dan Jumat pukul 15.00-17.00 WIB. Pematerinya dari Dinas Kesehatan, DP4KB, PKK dan lainnya,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Lansia Hebat, Hindriyati mengungkapkan rasa terimakasih dan bahagia karena para lansia mendapatkan materi-materi yang luar biasa, sabar dan telaten sehingga mudah dicerna. Materi-materi itu diantaranya tentang kesehatan, perilaku dan sebagainya.

“Semoga dengan hadirnya Sekolah Lansia Hebat ini menjadikan lansia di Kelurahan Kedungsari dan sekitaranya, dan di seluruh Kota Magelang ikut bersemangat,” katanya.

Menurutnya, antusiasme lansia untuk ikut sekolah ini begitu besar. Terbukti saat dibuka ada sekitar 60 orang lansia yang mendaftar, padahal hanya membuka kuota sebanyak 40 orang.

Maka harapannya sekolah ini tidak berhenti sampai di Kelurahan Kedungsari dan berlanjut dengan materi lain yang luar biasa.

Sebagai informasi acara tersebut juga dihadiri Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Harlin Is Ambarwati dan segenap tamu undangan.

Sekolah ini merupakan kegiatan swakelola dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP4KB) Kota Magelang. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?