MEMBERSIHKAN. Para pedagang Tuin Van Java (TVJ) memanfaatkan hari libur dengan membersihkan shelter kuliner mereka, Selasa (5/9/2023). (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - MEMBERSIHKAN. Para pedagang Tuin Van Java (TVJ) memanfaatkan hari libur dengan membersihkan shelter kuliner mereka, Selasa (5/9/2023). (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Pedagang Kuliner TVJ Kota Magelang Bersih-bersih Shelter

MAGELANG, siedoo.com – Memanfaatkan hari libur, para pedagang Tuin Van Java (TVJ) membersihkan shelter kuliner mereka, Selasa (5/9/2023). Mereka bergotong-royong menyapu langit-langit shelter, menyikat lantai hingga menyemprot air.

———

Dalam membersihkan, mereka dibantu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Magelang. Para pedagang sudah sepakat untuk memaksimalkan dua hari libur, 5-6 September 2023, untuk bersih-bersih shelter

Hal ini dirasa perlu karena kebersihan shelter sebagai sarana Pemkot Magelang menjadi tanggung jawab bersama agar pembeli nyaman.

“Waktu pertemuan di IKM Centre awalnya dari Pak Wali mewacanakan, bagaimana kalau TVJ libur pada tanggal tersebut,” kata Ketua Paguyuban shelter TVJ, Sugiarto.

“Iya tidak apa-apa (libur) asalkan tidak hari Sabtu-Minggu, jadi ini kesempatan untuk bersih-bersih karena sudah lama nggak dibersihkan,” tambahnya.

Biasanya, para pedagang TVJ rutin membersihkan total shelter setidaknya 2-3 kali dalam setahun. Mereka membutuhkan waktu yang lama karena mulai dari rangka besi langit-langit, lantai, dan fasilitas lainnya harus dibersihkan dengan seksama. Pihaknya juga berencana akan mengecat ulang shelter.

“(Membersihkan) itu memang harus libur agar maksimal. Jadi dua hari ini kami manfaatkan, kami mau cat ulang juga biar terlihat indah,” katanya.

Kegiatan ini juga untuk memupuk rasa guyub-rukun sesama pedagang shelter TVJ dan sekitarnya yang sudah lama mengais rezeki bersama. Sugiarto menyebutkan, total ada sekitar 135 pedagang TVJ meliputi pedagang shift pagi, malam dan angkringan di selatan Alun-alun.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang Syaifullah mengungkapkan, gagasan membersihkan shelter datang dari pedagang agar TVJ dan sekitarnya tetap cantik, sehat dan higienis.

Hari libur ini sudah menjadi kesepakatan para pedagang TVJ, termasuk angkringan dan pedagang mainan. Kesepakatan diambil saat pertemuan dengan Pemkot Magelang di IKM Center, 25 Agustus 2023 lalu.

Baca Juga :  Media Online, Sarana Tepat untuk Memublikasikan Budaya Lokal Kota Magelang

“Libur jualan itu sudah biasa, untuk bersih-bersih, atau kalau mereka ada kegiatan misalnya piknik. Cuma memang momennya bersamaan dengan kegiatan Pasar Raya Magelang (PRM) di kompleks Gelora Sanden, 1-10 September 2023,” ungkapnya.

Syaifullah menyatakan, baik pedagang TVJ maupun pelaku UMKM yang berjualan di PRM adalah binaan Disperindag. Pihaknya mendukung upaya-upaya agar mereka eksis dan terus berkembang. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?