DOKTOR. Dosen Prodi Teknik Industri FT UNIMMA yang sekaligus menjabat sebagai Wakil Rektor II Bidang Aset dan Keuangan UNIMMA, Muhammad Imron Rosyidi meraih gelar Doktor Bidang Lingkungan Hidup dari UNS. (foto: unimma)
Siedoo.com - DOKTOR. Dosen Prodi Teknik Industri FT UNIMMA yang sekaligus menjabat sebagai Wakil Rektor II Bidang Aset dan Keuangan UNIMMA, Muhammad Imron Rosyidi meraih gelar Doktor Bidang Lingkungan Hidup dari UNS. (foto: unimma)
Daerah

Wakil Rektor II Bidang Aset dan Keuangan UNIMMA Raih Gelar Doktor Bidang Lingkungan Hidup

MAGELANG, siedoo.com – Muhammad Imron Rosyidi meraih gelar Doktor Bidang Lingkungan Hidup dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Ia merupakan Dosen Program Studi (prodi) Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magaelang (UNIMMA) sekaligus menjabat sebagai Wakil Rektor II Bidang Aset dan Keuangan UNIMMA.

———

Dalam ujian terbuka promosi doktor yang dilaksanakan pada Selasa 13 September 2023 di Gedung Pascasarjana UNS, Imron dinyatakan lulus predikat sangat memuaskan dengan IPK 3,92.

Dengan promotor Prof. Dr. Ir. MTh. Sri Budiastuti, M.Si serta co-promotor Prof. Dr. Mugi Rahardjo, M.Si., Dipl-Ing dan Prof. Dr. Totok Gunawan, MS, Imron memaparkan disertasinya dengan judul Penerapan SNI Produk Untuk Mendukung Pelaksanaan Produksi Bersih dan Kinerja Lingkungan di Industri Kecil Menengah (IKM) Yogyakarta.

Disampaikan, penelitiannya dilakukan di IKM yang telah bersertifikasi SNI produk di wilayah Yogyakarta sejak bulan Januari 2018 hingga Januari 2020.

“Pemberlakuan Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2014 tentang standarisasi selain untuk meningkatkan mutu produk dan daya saing nasional namun juga untuk memberikan perlindungan terhadap pelestarian fungsi lingkungan hidup,” ujarnya.

Dalam disertasinya, Imron juga menyatakan bahwa regulasi penerapan standarisasi dalam bentuk SNI produk diharapkan dapat mendorong IKM untuk memperbaiki kinerja prosesnya sehingga produk yang dihasilkan mampu bersaing di pasar global namun juga mendorong IKM menjadi ramah lingkungan.

“Disertasi ini bertujuan untuk mengkaji manfaat penerapan SNI Produk di IKM untuk mendukung pelaksanaan praktik produksi bersih dan kinerja lingkungan yang baik,” katanya.

“Identifikasi awal dilakukan untuk mempelajari bagaimana penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) di IKM, karena implementasi dimensi SMM yang baik dan benar menjadi syarat penting bagi IKM untuk memperoleh sertifikasi SNI produk,” tambahnya.

Baca Juga :  UNIMMA : Kualitas Lulusan Indikator Penting Kualitas Kampus

Hadir dalam sidang tersebut, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) beserta jajarannya, Rektor, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Teknik, serta dosen dan tendik.

Prof. Tuti, salah satu promotor mengucapkan selamat dan berpesan kepada Imron.

“Selamat kepada Doktor Muhammad Imron atas gelar yang disandang hari ini. Jenjang akademik tertinggi telah diraih. Membanggakan khususnya untuk keluarga dan UNIMMA. Perjuangan dan perjalanan yang sangat hebat telah dilalui,” katanya.

“Kehebatan Dr. Imron ditunjukkan pada hari ini. Mohon untuk tunjukkan pada dunia bahwa semangat menemukan teori baru menjadi kekuatan untuk berkarya selanjutnya. Tetap terus berkarya di bidang akademik,” tambahnya. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?