LOLOS. Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Yun Arifatul MT., Ph.D lolos hibah pendanaan Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) Gelombang 3. (foto: unimma)
Siedoo.com - LOLOS. Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Yun Arifatul MT., Ph.D lolos hibah pendanaan Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) Gelombang 3. (foto: unimma)
Daerah

Selamat! Dosen UNIMMA Yun Arifatul Lolos Hibah Pendanaan dari BRIN

MAGELANG, siedoo.com – Berdasarkan surat keputusan Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN nomor 12/II.7/HK/2023 tertanggal 12 April 2023, Dosen Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Yun Arifatul MT., Ph.D lolos hibah pendanaan Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) Gelombang 3.

———

Hibah pendanaan tersebut digelar Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dalam riset tersebut, Yun berfokus pada bidang Informatika dengan proposal berjudul “Big Data-Based Smart Waste Management System” (Sistem Pengelolaan Sampah Cerdas Berkelanjutan Berbasis Data).

Ide ini dilatarbelakangi praktek pengelolaan sampah yang saat ini masih jauh dari pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan, efisien, terintegrasi dan sustainable.

“Permasalahan sampah merupakan isu nasional yang memerlukan solusi komprehensif, inovatif, cerdas, cepat dan berkelanjutan. Berdasar data KLH di tahun 2022,” jelasnya belum lama ini.

Diketahui, lanjutnya, total timbunan sampah di Indonesia mencapai lebih dari 24,9 tons/per tahun, dan diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang.

“Jika pola konsumsi dan penanganan sampah masih menggunakan pola traditional-linier economy,” jelasnya.

Disebutkan, mengidentifikasi potensi perbaikan dan inovasi dalam pengelolaan sampah saat ini dapat membantu mengoptimalkan penanganan sampah di Indonesia.

“Namun hal ini sulit dilaksanakan jika menggunakan cara-cara konvensional. Salah satu teknologi yang dapat membantu dalam mengidentifikasi potensi perbaikan dan pembuatan keputusan yang tepat dalam pengelolaan sampah adalah data analitik,” jelasnya.

Data analitik tersebut, lanjutnya, melibatkan pengumpulan dan analisis data untuk mengidentifikasi inefisiensi dan pembuatan keputusan. Analisis data modern sangat erat kaitannya dengan Big Data yang merepresentasikan penggunaan data set yang kompleks dan besar.

Tak hanya senang dan bangga, Yun mengaku tertantang untuk menyelesaikan penelitiannya dengan baik dan memberi kontribusi nyata pada masyarakat.

Baca Juga :  Gara-gara ini, Ombudsman RI Kunjungi Kota Magelang, Rombongan Dipimpin Robert Na Endi Jaweng

“Such an honour bisa lolos hibah ini. Senang, bangga, sekaligus tertantang untuk bisa menyelesaikan penelitian ini dengan sebaik mungkin,” katanya.

Sehingga, tambahnya, harapan untuk bisa memberikan kontribusi yang nyata pada masyarakat dalam hal penanganan dan pengelolaan sampah ini bisa terwujud.

“Small steps untuk sesuatu yang besar dimulai dari mengkaji penelitian ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yun menjelaskan salah satu tujuan riset tersebut untuk mengembangkan sistem pengelolaan sampah cerdas berkelanjutan berbasis data menggunakan teknik Artificial Intelligent.

“Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan dan keberlanjutan data persampahan Indonesia serta memiliki potensi besar untuk merevolusi pengelolaan sampah secara global,” tambahnya.

Yun juga berharap agar lolosnya proposal tersebut dapat menjadi batu loncatan untuk UNIMMA berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

“Mengakselerasi domain penelitian-penelitian lintas studi yang harapannya pun bisa bermanfaat dan berguna untuk masyarakat luas,” pungkasnya.

Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., M.SI mengatakan, riset yang akan dilakukan merupakan bentuk upaya UNIMMA ke arah implementasi Green Campus melalui pengelolaan sampah.

“Selamat Bu Yun atas lolosnya pendanaan yang diselenggarakan BRIN. Hal yang baik bagi UNIMMA, khususnya di peningkatan keilmuan iklim akademis,” jelasnya.

Termasuk juga, tambahnya, memberikan kontribusi secara keilmuan terhadap permasalahan yang muncul, terutama dalam sistem pengelolaan sampah.

“Riset ini mendukung ke arah Green Campus. Saat ini kampus sudah harus perhatian terhadap sustainability, mendukung SDGs,” ungkapnya.

Rektor juga menyampaikan hal tersebut merupakan salah satu komitmen UNIMMA menjadi salah satu bagian dari UI Green Metric (pemeringkatan perguruan tinggi internasional dalam hal penghijauan dan berkelanjutan).

Selain itu, riset yang dilakukan Yun sebagai bentuk pelaksanaan Catur Dharma Perguruan Tinggi dan diharapkan dapat diimplementasikan melalui proses pembelajaran mahasiswa, lingkungan kampus, dan masyarakat.

Baca Juga :  Tingkatkan Layanan English Proficiency Test Mahasiswa, UNIMMA Gandeng British Council English Score Indonesia

“Harapannya dengan riset ini dapat berkontribusi bagi masyarakat, terutama untuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tidak hanya sampai di sini tapi secara berkelanjutan. Untuk mahasiswa, semoga riset ini bermanfat dalam hal implementasi proses pembelajaran,” ujarnya. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?