Daerah

Persiapkan Calon Editor Jurnal Go Internasional

MAGELANG - Dharma Bidang Penelitian dan Pengembangan, Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Jawa Tengah menorehkan prestasi menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) kedua yang memiliki jurnal terindeks Scopus. Capaian tersebut memacu UNIMMA untuk membekali calon editor jurnal agar publikasi ilmiah di lingkungan kampus terus maju dengan mengadakan workshop student journal.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Safira, Magelang tersebut dihadiri seluruh calon editor jurnal masing-masing program studi. Dr. Suliswiyadi, M.Ag, Rektor UNIMMA yang turut hadir mengapresiasi dan memberikan pengarahan kepada calon editor jurnal yang hadir pada workshop tersebut.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan strategic dan suatu saat pasti akan menjadi best practices untuk PTMA. Kita harus yakin bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses,” kata Rektor.

Rektor juga berharap student journal dapat bermanfaat dan mampu mendorong untuk percepatan kinerja UNIMMA. Dalam kegiatan tersebut dipaparkan pengenalan Open Journal Systems (OJS) dan Journal Foster, cara setting OJS, praktek transaksi paper, serta teknik review, pengurusan International Standard Serial Number (ISSN) dan follow up-nya.

Untuk diketahui, Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tiga hal yang harus dimiliki setiap Perguruan Tinggi selama berlangsungnya kegiatan akademik. Dr. Muji Setiyo, ST., MT, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMMA menyampaikan bahwa, dengan kegiatan student journal diharapkan dapat mempersiapkan editor yang handal.

“Meskipun ini student journal yang kami mulai dari nol, tetapi LPPM bertekad mendampingi para calon editor untuk menjadi profesional sesuai dengan indikator-indikator internasional,” jelasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?