Daerah Kegiatan

Wujudkan Alumni Kompeten, Fikes UNIMMA Gelar PPGD

MAGELANG - Fakultas Ilmu Kesehatan  (Fikes) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fikes UNIMMA kembali  mengadakan Pelatihan Penanggulangan Gawat Darurat (PPGD). Pelatihan tersebut mengangkat tema “Pelatihan Basic Trauma & Life Support dalam Mendukung Program Studi yang Unggul dalam Bidang Kegawatdaruratan”. Kegiatan dibuka di Aula Fikes, Kampus 2 UNIMMA pada Jumat (25/9/2020).

Pelatihan PPGD diikuti oleh mahasiswa akhir D3 dan S1 Keperawatan dengan dua gelombang. Kegiatan diawali dengan rapid test kepada seluruh peserta pelatihan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua IKA sekaligus Ketua Panitia kegiatan Ns. Sigit Priyanto, M.Kep, mengatakan, PPGD telah dilaksanakan selama lebih dari 10 tahun. Yaitu dengan mendatangkan trainer dari Jakarta Medical dan Training Services (JMS) 119.

Sigit menambahkan, kegiatan tersebut sesuai dengan visi Program Studi Keperawatan yakni Islami, Inovatif dan Kompetitif di tingkat nasional yang unggul dalam bidang perawatan luka.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali para alumni supaya kompetitif dalam dunia kerja ke depannya,” ujar Sigit.

Rangkaian kegiatan dibuka oleh Dekan Fikes yang diwakili oleh Ns. Septi Wardani, M.Kep. Dalam sambutannya, Septi menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim JMS 119 yang sampai hari ini tetap konsisten bekerja sama dengan baik bersama Fikes UNIMMA.

Septi berharap seluruh peserta pelatihan bisa mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh.

“Panitia memfasilitasi teman-teman peserta dalam pelatihan PPGD ini agar kompeten dan sudah tersertifikasi saat terjun  ke dunia kerja nantinya,” tuturnya.

Sementara itu, dr. Julistian, Sp.B dari tim JMS 119 mengapresiasi kepercayaan yang diberikan kepada tim untuk  memberikan pelatihan. Dia menghimbau seluruh peserta untuk sadar akan kesehatan serta selalu mematuhi protokol kesehatan.

Peserta pelatihan mendapatkan materi klasikal dan skill praktikum dan diakhiri dengan ujian ketrampilan praktik yang dilaksanakan pada hari Ahad (27/9/2020) lalu. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?