PELEPASAN. Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSI (kiri) saat pelepasan mahasiswa yang menjalani PPMT. (foto: unimma)
Siedoo.com - PELEPASAN. Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSI (kiri) saat pelepasan mahasiswa yang menjalani PPMT. (foto: unimma)
Daerah

172 Mahasiswa UNIMMA Diterjunkan di 14 Kecamatan, Mana Saja?

MAGELANG, siedoo.com – Sebanyak 172 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) diterjunkan ke masyarakat selama satu bulan mulai 5 Juli sampai dengan 7 Agustus 2023. Mereka menjalani Program Pengabdian pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Angkatan 7.

———

Jumlah tersebut dibagi menjadi 35 kelompok dengan sebaran di 14 kecamatan di Kabupaten Magelang.

Kecematan tersebut adalah Bandongan, Borobudur, Candimulyo, Grabag, Mertoyudan, Muntilan, Pakis, Salaman, Sawangan, Secang, Srumbung, Tegalrejo, Tempuran dan Windusari.

Mereka telah diterjunkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UNIMMA. Seremonial penerjunannyadigelar di Kampus 2 UNIMMA, belum lama ini.

“Program PPMT kali ini dilaksanakan di 14 kecamatan yang masuk dalam wilayah kemiskinan ekstrim di Jawa Tengah,” kata Kadiv Pengabdian Masyarakat LPPM UNIMMA, Ns. Robiul Fitri Masithoh, M.Kep.

Dijelaskan, PPMT atau KKN merupakan bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus.

“Sehingga, kecerdasan sosialnya dapat dioptimalkan. Pada kegiatan ini, mahasiswa dapat melihat dan mengalami secara langsung segala persoalan di masyarakat,” tuturnya.

Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, SE., MSI mengatakan, PPMT pada Angkatan ke-7 ini sangat luar biasa dengan kontribusi yang akan diberikan dan dari sisi kebermanfaatan kepada masyarakat.

“Teman-teman mahasiswa sangat kita harapkan untuk  bisa memberikan bantuan kepada masyarakat. Selain memberikan kebermanfaatan, mungkin mahasiswa baru pertama kali terjun ke masyarakat,” katanya.

“Harapannya paling tidak kalian sudah punya bekal yang didapat selama proses pembelajaran dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat secara optimal di bawah bimbingan Bapak Ibu DPL (dosen pendamping lapangan) semuanya,” tambah Rektor.

Rektor juga berpesan agar mahasiswa dapat menjaga nama baik almamater.

“Komunikasi dan koordinasi Anda semua diharapkan di akhir PPMT dapat menghasilkan banyak output yang bagus. Dan yang paling penting, bawalah nama baik almamater,” tutupnya.

Baca Juga :  Pemkot Magelang Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pelepasan mahasiswa ditandai dengan penyematan jaket PPMT secara simbolik oleh Rektor UNIMMA didampingi Kepala LPPM, Dr. Retno Rusdjijati, M.Kes. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?