Daerah

Sumpah Fikes UNIMMA Selevel dengan Universitas Terbaik di Indonesia

MAGELANG - Para wisudawan mendapatkan pesan agar mereka terus belajar untuk mengasah profesionalisme. Sebanyak 77 mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mengikuti Wisuda dan Angkat Sumpah Program Studi (prodi) Profesi Ners dan D3 Keperawatan.

Diantaranya 50 mahasiswa merupakan mahasiswa yang telah lulus prodi D3 Keperawatan dan 27 mahasiswa lain yang telah lulus pendidikan Profesi Ners. Ke 77 peserta resmi mengucapkan angkat sumpah di Auditorium Kampus 1 UNIMMA.

"Bekerja ikhlas, bekerja cerdas dan bekerja tuntas, jangan berhenti dan teruslah belajar," kata Dr. Heni Setyo ER, M.Kes, Dekan Fikes UNIMMA.

Proses pendidikan seorang perawat dilaksanakan melalui dua tahap, yaitu tahapan akademik dan tahapan profesi. Tujuan pendidikan tahap akademik dan profesi tersebut untuk mempersiapkan mahasiswa melalui penyesuaian profesional dalam bentuk pengalaman belajar klinik dan lapangan secara komprehensif. Sehingga memiliki kemampuan, penanganan teknis dan sikap dalam melaksanakan asuhan keperawatan.

Setiap lulusan perawat yang akan terjun langsung menyandang profesinnya, diwajibkan mengikuti angkat sumpah di hadapan organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sebagai bentuk tanggung jawab moral profesi dan telah menyelesaikan studi. Agenda tahunan tersebut dihadiri oleh DPW PPNI Provinsi Jawa Tengah, DPD PPNI Kota dan Kabupaten Magelang, rohaniawan dan beberapa tamu undangan yang hadir melalui ruang temu virtual.

Ketua prodi Profesi Ners, Ns. Priyo, M.Kep dalam laporannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan rumah sakit di Karesidenan Kedu yang telah bekerja sama membantu mencapai kompetensi yang diharapkan.

“Mahasiswa dapat melakukan angkat sumpah jika telah lulus uji kompetensi dan Alhamdulillah, Fakultas Ilmu Kesehatan Unimma lulus 100%. Kami ucapkan terima kasih kepada pimpimnan universitas, ibu Lilik Andriyani yang telah mengakomodasi laboratorium CBT. Sehingga kami bisa melakukan uji kompetensi secara mandiri,” tambahnya.

Lebih lanjut, Priyo menjelaskan tiga lulusan terbaik Profesi Ners UNIMMA yaitu terbaik 1 Dwi Ayu Rahmawati dengan IPK 4.00, terbaik kedua Riska Amalia dengan IPK 4.00 dan terbaik ketiga diraih Annisa Nur Septiyana dengan IPK 4.00.

Sementara itu, program studi D3 Keperawatan dengan tiga mahasiswa lulusan terbaik ialah terbaik pertama dengan IPK 3.86 diraih oleh Amanatul Khoitiyah. Terbaik kedua dengan IPK 3.84 diraih Lutvia Tika Suraya dan terbaik ketiga diraih Nurinda Fitriya dengan IPK 3.80.

Dr. Lilik Andriyani, SE., MSi, Rektor UNIMMA yang turut hadir, dalam sambutannya menyampaikan motivasi kepada seluruh peserta angkat sumpah agar tidak perlu merasa minder dan berkecil hati saat bersaing di dunia kerja dengan lulusan dari universitas lain. Saat ini Fakultas Ilmu Kesehatan UNIMMA menginduk pada LAM-PTKES, program studi D3 Keperawatan mendapat akreditasi A dan Profesi Ners mendapat akreditasi B.

"Kalian semua sepadan dan selevel dengan universitas-universitas terbaik di Indonesia. Selain itu, kalian juga dibekali dengan kearifan lokal berupa soft skill untuk bekerja cerdas, kemampuan kerja sama, dan didasari nilai-nilai Islami yang menjadi bekal untuk berkiprah,” tuturnya.

Pengambilan sumpah dilakukan oleh Wakil Sekretaris DPW PPNI Provinsi Jawa Tengah, Ns. Abdul Wakhid, M. Kep. Sp.Kep.J dan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah sumpah. Selain itu wisudawan juga mendapatkan pin PPNI dan Buku Etik Keperawatan yang diberikan langsung oleh Wakil Sekretaris Bidang Diklat DPD PPNI Kota Magelang, Ns. Masturin, S. Kep. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?