WORKSHOP. Berpose usai Workshop fotografi dan videografi yang digelar Divisi Media dan Komunikasi HMJ PGSD UNIMMA. (foto: unimma)
Siedoo.com - WORKSHOP. Berpose usai Workshop fotografi dan videografi yang digelar Divisi Media dan Komunikasi HMJ PGSD UNIMMA. (foto: unimma)
Daerah Kegiatan

Tingkatkan Soft Skill, HMJ PGSD UNIMMA Gelar Workshop Fotografi dan Videografi

MAGELANG, siedoo.com – Workshop fotografi dan videografi digelar Divisi Media dan Komunikasi Himpunan Mahasiswa jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA).

Tema yang diangkat “Meningkatkan Soft Skill dan Hard Skill Generasi Muda di Era Digital”. Workshop terlaksana secara offline di Aula Rektorat Lantai 3 Kampus 2 UNIMMA, Sabtu (3/6) lalu.

Workshop diikuti sekitar 50 peserta dari tamu undangan, delegasi ormawa, SLTA/sederajat, dan mahasiswa.

Kepada peserta, Ketua Prodi PGSD, Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd menuturkan pelatihan bisa dilakukan dengan menggunakan telepon genggam atau handphone.

“Bisa menggunakan HP untuk pelatihan fotografi dan videografi guna pembuatan konten singkat yang bercerita di era milenaian ini,” tuturnya.

Berfokus pada peningkatan soft skill dan hard skill, workshop ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mendorong pengembangan potensi generasi muda di era digital yang terus berkembang pesat.

Nugroho Adibroto didatangkan langsung sebagai pengisi workshop. Bersama Nugroho, peserta berkesempatan mendapatkan materi dan praktik secara langsung. Dari teknik-teknik yang sudah diberikan, selanjutnya peserta bisa ikuti lomba video cinematic di acara ini.

Nugroho katakan bahwa foto dan video itu sama dengan seni pada umumnya.

“Sebenarnya sama saja dengan seni pada umumnya. Seni adalah dasarnya nirmana yang mempelajari tentang garis, bentuk, dan warna. Sehingga foto dan video yang diambil memiliki pesan di dalamnya yang diwakili dalam bentuk visual,” jelasnya.

Turut meriahkan acara dan berikan hiburan, Sanggar Tari Sinwamira dan UKM Musik Seven dari mahasiswa UNIMMA berikan penampilan luar biasa.

Adapun tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk mengembangkan produktivitas dan kreativitas generasi muda dalam bidang fotografi dan videografi, menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang ahli di bidang digital, serta mengenalkan HMJ PGSD UNIMMA dan UNIMMA ke dunia luar.

Baca Juga :  Dosen UNIMMA Terbuka Lebar Bila Menempuh Pendidikan S3 di UMAM

HMJ PGSD berharap, generasi muda di era digital saat ini dapat meningkatkan kemampuan (soft skill) seperti kemampuan komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?