PENGHARGAAN. Mahasiswa Ilkom UNIMMA menunjukkan penghargaan. (foto: istimewa)
Siedoo.com - PENGHARGAAN. Mahasiswa Ilkom UNIMMA menunjukkan penghargaan. (foto: istimewa)
Daerah

Dalam Konten Kreatif Nusantara Berbasis Literasi Konten Lokal 2022, Mahasiswa Ilkom UNIMMA Masuk 5 Terbaik

MAGELANG, siedoo.com – Mahasiswa semester 3 Ilmu Komunikasi (Ilkom) Fakultas Psikologi dan Humaniora (FPH) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) mengikuti Workshop Konten Kreatif Nusantara Berbasis Literasi Konten Lokal.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) beberapa waktu lalu tersebut sebagai pemenuhan tugas luaran mata kuliah Komunikasi Pembangunan.

Tercantum dalam pedoman teknis workshop, kegiatan itu mengangkat tema “Literasi Konten Lokal untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Workshop tersebut merupakan salah satu program Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca dalam meningkatkan kegemaran membaca masyarakat, dengan memanfaatkan platform YouTube.

Dengan menampilkan konten di bidang pertanian, salah satu tim dari Ilkom UNIMMA beranggotakan Mifta Amalia, Muhammad ‘Abbad Aufa Shofiy, dan Indah Solechatun Puspitasari berhasil meraih penghargaan 5 konten terbaik di workshop tersebut. Tim ini merupakan salah satu dari 9 tim yang masuk finalis.

Disebutkan, konten video berjudul “Petani Milenial Oy” dengan durasi 6 menit 17 detik di kanal YouTube @Indah Puspitasari, mengulas kegiatan petani milenial seperti mengolah lahan, menanam sayur, merawat, dan memanen hasil di Dusun Sekayu, Desa Ketundan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Dalam cuplikan video yang diunggah, salah satu petani menyampaikan upaya petani muda melakukan pemasaran modern.

“Kita petani muda memikirkan bagaimana caranya agar para petani bisa melakukan pemasaran yang modern. Maksudnya agar para petani tau sistem online. Jadi bisa mengetahui harga di pasar dan di luar. Tidak bergantung sama pembeli atau pengepul di lokalan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilkom UNIMMA, Prihatin Dwihantoro M.I.Kom mengatakan, tugas luaran mengikuti workshop ini merupakan bentuk kerja keras mahasiswa melihat potensi di Kabupaten Magelang.

“Tugas mata kuliah Komunikasi Pembangunan ini yang mahasiswa diarahkan untuk mengikuti lomba. Ini merupakan bentuk kerja keras teman-teman mahasiswa angkatan 2021 untuk melihat potensi-potensi yang ada di Kabupaten Magelang,” tuturnya.

Baca Juga :  Kekayaan Intelektual dan CoBranding, Strategi Pengembangan Desa Wisata

Lebih lanjut, Hantoro mengungkapkan rasa bangganya pada prestasi yang telah diraih mahasiswanya. Ia berharap prestasi ini dapat memicu dan memacu mahasiswa lain untuk berkreasi dan berkreatifitas.

“Ini prestasi yang sangat membanggakan untuk Ilkom UNIMMA. Semoga bisa memicu dan memacu teman-teman yang lain untuk berkreasi dan berkreatifitas. Jangan takut untuk ikut lomba, kompetisi, konferensi karena Insya Allah akan dapat apresiasi dari universitas dan bisa dikonversi untuk tugas akhir,” ujarnya dengan antusias. (unimma/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?