MEMBUKA. Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto didampingi Ketua Dekranasda yang diwakili oleh Aslimah Edi Cahyana dan OPD terkait saat membuka kegiatan Dekranasda Expo 2022. (foto: istimewa)
Siedoo.com - MEMBUKA. Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto didampingi Ketua Dekranasda yang diwakili oleh Aslimah Edi Cahyana dan OPD terkait saat membuka kegiatan Dekranasda Expo 2022. (foto: istimewa)
Ekonomi

Dekranasda Expo di Magelang Digelar 2 Hari, Candi Borobudur sebagai KSPN, Sekda: Peluang Besar Bagi UMKM

MAGELANG, siedoo.com – Gelaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Expo 2022 di lapangan drh Soepardi Kota Mungkid, Kabupaten Magelang masih berlangsung hingga hari ini, Ahad 27 November. Pada pelaksaanaan hari pertama, Sabtu 26 November, dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto.

Ketua Dekranasda Kabupaten Magelang yang diwakili, Aslimah Edi Cahyana menyampaikan, Dekranasda Expo 2022 merupakan event tahunan untuk mengangkat kerajinan lokal agar kualitas produk mampu berdaya saing di pasar lokal, nasional maupun internasional, sekaligus menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal.

“Dekranasda Expo 2022 ini akan bisa mengenalkan produk-produk unggulan Kabupaten Magelang memberikan motivasi kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk melalui akurasi produk, dan menjaring mitra bisnis,” harapnya.

Sekda Adi mengatakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah sektor ekonomi nasional yang paling strategis karena menyangkut hajat hidup orang banyak, sehingga menjadi tulang punggung perekonomian Nasional.

Menurutnya, UMKM juga merupakan kelompok pelaku ekonomi terbesar dalam perekonomian di Indonesia yang telah terbukti menjadi kunci pengaman perekonomian nasional dalam masa krisis ekonomi serta menjadi desiminator pertumbuhan ekonomi pasca krisis.

“Kami memandang bahwa kegiatan Dekranasda Expo ini menjadi satu sarana yang menggugah, membangkitkan serta memotivasi para pelaku industri kerajinan kreatif dan UMKM untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam rangka memperkuat ekonomi kerakyatan,” kata Adi.

Ia menyampaikan akan ada peluang besar dalam pengembangan UMKM dan Industri kreatif kerajinan di Kabupaten Magelang. Banyak faktor yang menjadi daya dorong bagi tumbuhnya UMKM dan kerajinan kreatif di Kabupaten Magelang salah satunya dengan ditetapkannya Candi Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur akan mengalami peningkatan. Selain itu, dengan adanya media pemasaran digital bisa membuka akses pasar secara langsung serta tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mencintai dan membeli produk UMKM,” ujarnya.

Baca Juga :  Meriahnya Borobudur Night Carnival 2022, Mulai Semarang hingga Demak Turut Andil

Adi berharap melalui kegiatan Dekranasda Expo Tahun 2022 ini, akan bisa membantu UMKM dan Industri kreatif kerajinan untuk memasarkan produknya serta menjaring mitra bisnis dan juga bisa mendapatkan pemahaman yang luas dalam kegiatan ini. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?