KAMBING. Kontes Kambing PE dan Domba di Desa Bandungrejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. (foto: istimewa)
Siedoo.com - KAMBING. Kontes Kambing PE dan Domba di Desa Bandungrejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. (foto: istimewa)
Daerah

Ratusan Kambing Dikonteskan di Magelang, Dari Jatim Ikut Memeriahkan

MAGELANG, siedoo.com – Kontes Kambing Peranakan Etawa (PE) dan Domba berlangsung di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah belakangan ini. Tema yang diangkat “Angon Bareng”.

Peserta kontesnya diikuti 366 peserta lomba (jenis domba) dan 307 peserta lomba (jenis kambing PE. Selain warga Kabupaten Magelang, peserta juga ada yang berasal dari Blitar dan Kediri, Jawa Timur.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Magelang diwakili Sekretaris Daerah, Adi Waryanto bersama Anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Eko Susilo dan jajaran Forkompimcam Ngablak.

Adi Waryanto menyampaikan, banyak peternak di Kabupaten Magelang saat ini yang mulai mengembangkan berbagai PE karena mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Ia berharap melalui kontes ini akan membuka cakrawala para petani dan peternak dalam mengembangkan kambing PE.

“Di sini para pengunjung bisa belajar bagaimana cara mengembangkannya, memberi pakan, cara memelihara, dan lainnya,” kata Adi.

Selaras dengan hal tersebut, lanjut Adi, tujuan kontes ini dirasa tidak hanya untuk mendorong peternak agar mampu memproduksi bibit ternak Etawa yang berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi.  Namun, juga dalam upaya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada peternak yang mampu mengembangbiakan bibit ternak unggul serta untuk meningkatkan harga jual dan pendapatan.

“Oleh karena itu, harapan kami ke depan melalui kontes ini bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan peternak di Kabupaten Magelang, serta menjadi saranan edukasi,” harapnya.

Ketua Panitia Kontes Kambing PE Dan Domba sekaligus Kepala Desa Bandungrejo, Pujiono menyampaikan, Pemerintah Desa Bandungrejo memiliki inisiatif untuk meningkatkan perekonomian melalui sektor peternakan domba dan kambing karena mengingat harga sayuran saat ini sangat rendah.

Baca Juga :  Media Online, Sarana Tepat untuk Memublikasikan Budaya Lokal Kota Magelang

“Karena harga kubis saat ini 300 rupiah. Semoga melalui peningkatan kapasitas peternak domba dan kambing PE ini bisa mendongkrak perekonomian di Desa Bandungrejo, Ngablak dan sekitarnya,” ungkap Pujiono.

Sedangkan, Anggota Komisi V DPR RI Ir Sudjadi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Kontes Kambing PE dan Domba ini.

Ia berharap kegiatan ini bisa terus berkelanjutan baik di tingkat Desa Bandungrejo, tingkat Kabupaten Magelang bahkan di luar kota, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Saya baru kali ini melihat kontes kambing PE dan Domba. Kesan saya sungguh luar biasa sekali, dan tentu tidak sampai di sini saja. Harapan saya ini bisa terus dilaksanakan tiap tahunnya supaya bisa mengangkat pengetahuan dan tentunya perekonomian masyarakat,” kata Ir Sudjadi. (humaspemkab/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?