Daerah

Wadahi Potensi Guru dan Siswa, Tim PPSD Kabupaten Magelang Terbitkan Majalah Anak

MAGELANG – Usai dilantik oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang pada 23 Oktober 2020 lalu, Tim Penggerak Pendidikan Sekolah Dasar (PPSD) mulai berkiprah. Tim yang terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas, dan beberapa personel Disdikbud tersebut dibagi menjadi 4 divisi. Yaitu Divisi Karya Guru, Divisi Pelatihan, Divisi Majalah, dan Divisi IT.

Mulai bulan Januari 2021 lalu Divisi Majalah meluncurkan Majalah Anak “Gen Gemilang”. Peluncuran majalah anak ini dilakukan oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang, Azis Amin Mujahidin, M.Pd di Aula Ki Hajar Dewantara Disdikbud setempat, Selasa (12/1/2021). Peluncuran disiarkan secara live di berbagai saluran media sosial.

Ketua Redaksi, Siti Nurani, S.Pd mengatakan Majalah Anak Gen Gemilang memiliki motto Wadah Potensi dan Wahana Komunikasi. Sesuai mottonya, majalah anak Magelang ini menyajikan konten yang sesuai dengan dunia anak-anak, terutama siswa sekolah dasar (SD).

“Tentunya konten disesuaikan dengan daya nalar anak-anak SD. Bahkan kami ajak anak-anak untuk mengembangkan karakter dan ilmu pengetahuan melalui rubrik-rubrik yang menarik anak. Seperti tips belajar, puisi, geguritan, cerpen, dongeng, kawruh basa, English Corner, wisata, karya siswa, edu tekno, dan sebagainya,” terangnya, Jumat (12/3/2021).

Siti Nurani menambahkan untuk kontributor majalah, pihaknya telah memiliki sejumlah penulis yang telah dilatih. Yaitu para guru penggerak di 21 kecamatan, sehingga pihaknya yakin tidak kekurangan konten.

“Kami juga mengharapkan kontribusi tulisan dari para pelajar maupun guru SD yang menggemari literasi, dengan mengirim karya-karya mereka ke majalah kami,” tambahnya.

Tim Penggerak Pendidikan Sekolah Dasar berharap Majalah Gen Gemilang benar-benar dapat menjadi wadah potensi dan dan wahana komunikasi bagi para pembacanya, yang disebut Sobat Gen Gemilang. Sehingga majalah anak Magelang ini mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Magelang khususnya, dan di tanah air pada umumnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?