Bamin Komsos Serka Agus P memberikan Wasbang tentang pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan upacara bendera.

Daerah

Nilai-nilai yang Terkandung dalam Upacara

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Beberapa nilai yang terkandung dalam pelaksanaan upacara bendera untuk kehidupan sehari-hari, diantaranya membiasakan siswa hidup disiplin. Dengan mengikuti upacara bendera, siswa akan dilatih untuk tertib. Itu karena saat upacara bendera, setiap peserta upacara wajib mengikuti seluruh susunan upacara dengan tertib.

Terkait dengan upaya menumbuhkan jiwa kepemimpinan, pada upacara bendera ada jadwal bergantian siswa-siswi yang menjadi petugas upacara. Salah satunya adalah menjadi pemimpin upacara. Saat menjadi pemimpin upacara itu lah, siswa tersebut dituntut bisa memimpin jalannya upacara dengan baik. Dengan demikian, para siswa dapat merasakan dan berlatih untuk menjadi seorang pemimpin.

“Menumbuhkan jiwa nasionalisme, upacara bendera diharapkan bukan hanya menjadi ritual semata. Namun dengan kegiatan upacara bendera, semoga bisa menumbuhkan sikap nasionalisme dalam benak para pelajar,” kata Bamin Komsos Serka Agus P dari Koramil 13/Mungkid, dalam rangkaian komsosnya di SDN 1 Bumirejo, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jateng.

Upacara bendera ini, juga dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi merebut kemerdekaan. Untuk itu, para pelajar diharapkan bisa mengambil nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan upacara bendera.

“Upacara bendera juga merupakan bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan serta cermin kecintaan kita kepada negara,” jelasnya.

Dalam rangkaian komsosnya Serka Agus P memberikan Wasbang tentang pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan upacara bendera. Ia didampingi babinsa Bumirejo Sertu Achmad Wahyudi. Pemberian materi wasbang disampaikan setelah mewakili Danramil, menjadi pembina upacara bendera di SDN 1 Bumirejo.

“Siswa-siswi SD adalah tunas bangsa dan penerus generasi mendatang. Pembekalan nilai-nilai yang terkandung dalam upacara bendera bagi siswa SD sangat penting,” kata Serka Agus.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Bumirejo Suyatno S.Pd mengapresiasi kegiatan yang melibatkan jajaran TNI itu. Diharapkan siswa-siswinya mau melaksanakan dan mengamalkan apa yang disampaikan. Pesan ini disampaikan kepada sekitar 135 siswa.

Apa Tanggapan Anda ?