KAMPUS. UPH Lippo Village, Tangerang. (foto: ist)
Siedoo.com - KAMPUS. UPH Lippo Village, Tangerang. (foto: ist)
Opini

Mau Kuliah? Ini Daftar Fakultas di UPH dan Keunggulannya

Siedoo, Menjadi seorang profesional dengan karier yang sukses, memerlukan banyak persiapan dalam waktu yang tidak singkat. Semua dimulai dari ketekunan dalam menempuh studi di masa sekolah hingga kuliah.

Saat akan memulai pendidikan di perguruan tinggi, ada hal penting yang harus dipertimbangkan dengan sangat hati-hati, yaitu dalam memilih fakultas yang tepat dan sesuai dengan minat bakat. Oleh karena itu, penting untuk mencari tahu tentang Universitas pilihan dengan beragam Fakultas dan keunggulannya!

Salah satu universitas yang dapat dijadikan pilihan tepat adalah Universitas Pelita Harapan (UPH). UPH adalah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan 13 pilihan Fakultas yang telah terbukti kualitasnya. Berdiri sejak tahun 1994, UPH memiliki lebih dari 43.000 lulusan yang telah berkarya dalam berbagai bidang.

Keunggulan UPH juga telah dibuktikan dengan terpilihnya UPH sebagai salah satu PTS terbaik 2022 versi QS Asia University Rankings. Segudang prestasi telah dibuktikan oleh mahasiswa, alumni, dan para dosen UPH, baik dalam skala nasional maupun internasional di antaranya meraih gelar Asia Young Designer of The Year, di ajang Asia Young Designer Awards (AYDA) 2020, Juara 1 Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition (ILMCC) 2022, dan lainnya.

Tentu ini menjadi nilai tambah yang akan membuat calon mahasiswa yakin untuk bergabung di UPH. Mahasiswa UPH akan diperlengkapi dengan kurikulum terbaik, jejaring luas, kesempatan untuk mengembangkan potensi diri dan berprestasi, serta peluang menemukan karier impian.

Berikut 13 Fakultas UPH dengan lebih dari 30 program studi (Prodi), mulai jenjang Strata Satu (S1) hingga Strata Tiga (S3)!

  1.     Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB)

FEB UPH memiliki 2 Prodi, yaitu Akuntansi dan Manajemen dengan konsentrasi peminatan yang beragam. FEB juga memiliki program Dual Degree hasil kerja sama UPH dengan Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) dan La Trobe University Australia (untuk prodi Akuntansi dan Manajemen), juga dengan University of Newcastle (khusus prodi Manajemen).

Para mahasiswa diperlengkapi dengan fasilitas memadai seperti Laboratorium Investasi, Business Incubator ‘Sparklabs’, dan lainnya. Lulusan FEB UPH  banyak yang sukses menjalani bisnis sendiri, seperti Reza Aryabima, alumni Manajemen UPH angkatan 2005 yang sukses mendirikan ‘Artisan Professionnel’ sebuah perusahaan bulu mata palsu terbaik di Indonesia.

Diperlengkapi dengan keterampilan berstandar global, para mahasiswa FEB UPH dapat meraih karier impian, seperti: Entrepreneur, Akuntan, Auditor, Konsultan, Analis, dan Profesional di bidang bisnis lainnya. Cek info lengkapnya di sini.

  1.     Fakultas Sains & Teknologi (FaST)

FaST UPH menjadi pintu awal bagi calon mahasiswa yang ingin berkontribusi dalam perkembangan dunia melalui sains dan teknologi. Mahasiswa akan dilatih berinovasi dengan memilih salah satu dari 6 Prodi yang ada di UPH, yaitu Matematika, Biologi, Teknologi Pangan, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Di FaST UPH, calon mahasiswa dapat bergabung melalui Program Fast Track untuk mengambil S1 di UPH dan S2 di La Trobe University, Australia; hanya dalam kurun waktu 5 tahun.

Program Fast Track tersedia untuk prodi Matematika, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Untuk menunjang praktik dan pembelajaran, FaST UPH juga menyediakan berbagai fasilitas seperti Asphalt Lab, Laboratorium Riset dan Inovasi, Electrical Engineering Lab, Laboratorium Inovasi Pangan, dan lainnya.

Baca Juga :  Cara Memperkenalkan Sejarah Kemerdekaan ke Anak

Setelah lulus dari FaST UPH, para mahasiswa bisa menjadi seorang Praktisioner, Peneliti, Kontraktor, bahkan Pebisnis. Bagi calon mahasiswa yang ingin memiliki dua gelar S1 sekaligus, dapat memilih program Dual Degree Teknologi Pangan UPH dengan University of Newcastle, Australia. Info lengkap dapat diakses di sini.

  1.     Fakultas Desain / School of Design (SoD)

Di Fakultas Desain UPH, kreativitas dan potensi para mahasiswa akan diasah untuk menghasilkan karya desain yang fungsional, berdampak, membawa perubahan dan memberi solusi terhadap kebutuhan masyarakat. Terdiri dari 4 Prodi pilihan yaitu Arsitektur, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Fakultas Desain UPH juga telah mencetak beragam prestasi, seperti Greta Elsa Nurtjahja (Alumni Desain Interior 2014) Peraih Medali Emas Asia Young Designer of The Year, di ajang Asia Young Designer Awards (AYDA) 2020, Juara Pertama Saint Gobain Indonesia 2022 (National Rounds), dan masih banyak lagi.

Mahasiswa Fakultas Desain UPH akan merasakan pengalaman kuliah dengan standar internasional, didukung oleh dosen-dosen kompeten, kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri, dan fasilitas yang sangat lengkap seperti, Laboratorium 3D Printing, Laboratorium Wood, Studio Keramik, Jewelry Studio, Video Editing Studio, Computer Graphics Studio, dan lainnya.

Setelah lulus, para mahasiswa SoD UPH memiliki banyak kesempatan untuk menjadi seorang Desainer Interior, Desainer Perhiasan, Arsitek, atau seorang Konsultan Branding. Info lengkap dapat cek di sini.

  1.     Fakultas Pariwisata (FPar)

Mahasiswa Fakultas Pariwisata UPH akan mempelajari bagaimana caranya mengembangkan suatu tempat menjadi destinasi wisata pilihan wisatawan, serta menjadi profesional di industri perhotelan dan Food and Beverages (FnB). Fakultas ini memiliki 2 prodi yaitu Manajemen Perhotelan dan Manajemen Usaha Perjalanan Wisata.

Para mahasiswa juga dapat langsung praktik menggunakan berbagai fasilitas terbaik seperti Laboratorium Kitchen, Coffee Lab, Pastry, Bar, Restaurant, Laboratorium Hotel, Bus Simulation Lab, dan Front Office Lab. UPH terus mendukung para lulusannya meraih karier impian seperti Food and Beverage Industry Manager, Event Organizer yang handal, Entrepreneur, dan lainnya.

Fakultas Pariwisata UPH juga menyediakan Program Dual Degree yang bekerja sama dengan International College of Hotel Management, Australia. Info seputar Fakultas selengkapnya dapat di cek di sini.

  1.     Fakultas Musik / Conservatory of Music (CoM)

Fakultas Musik UPH akan membekali para mahasiswa dengan ilmu dan teori musik, serta keterampilan praktis. Fakultas ini juga memiliki beragam peminatan yang dapat dipilih antara lain: Pertunjukan Klasik, Pertunjukan Jazz & Pop, Sound Design & Music Production, Produksi & Manajemen Seni Pertunjukan, Pendidikan Musik, Terapi Musik, dan Komposisi Musik.

Selain belajar di dalam kelas, para mahasiswa juga akan diberi banyak kesempatan untuk praktik langsung dalam beragam acara bergengsi, salah satunya di acara National Jazz Competition, acara tahunan untuk mencari musisi jazz muda yang melibatkan musisi Indonesia ternama seperti Indra Lesmana, Barry Likumahuwa, dan lainnya.

Berbagai fasilitas yang dimiliki antara lain, Concert Hall, Laboratorium Sound Design, Practice Room untuk setiap alat musik, Vocal Practice Room, dan sebagainya. UPH terus mendukung para mahasiswa untuk meraih karier impian, seperti Music Director, Sound Eengineer, Accompanist, dan lainnya. Informasi lengkap ada di sini.

  1.     Fakultas Hukum (FH)
Baca Juga :  Kemendikbud Nyatakan Fakultas Keperawatan UPH Lulus Uji Kompetensi Ners

FH UPH memperlengkapi para mahasiswa dengan keterampilan hukum, fasilitas lengkap, dosen-dosen yang kompeten, juga networking dengan berbagai firma hukum ternama di Indonesia. Mahasiswa FH UPH akan diasah kemampuannya untuk dapat memahami, memeriksa, merancang dokumen hukum dan peraturan, serta untuk menangani beragam permasalahan hukum.

Lulusan FH UPH dapat meraih karier profesionalnya seperti menjadi Jaksa, Hakim, Pengacara, Diplomat, atau sebagai Peneliti Hukum.

FH UPH juga selalu mendorong para mahasiswa untuk aktif mengikuti beragam kompetisi bergengsi, berskala nasional hingga internasional. Terbaru, FH UPH meraih prestasi sebagai Juara Nasional dalam kompetisi Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition (ILMCC) 2022. Informasi FH UPH dapat dicek di sini.

  1.     Fakultas Psikologi

Ilmu Psikologi selalu hangat dan melekat dengan keseharian setiap individu. Kini, istilah ‘mental health’ dan sebagainya sudah tidak asing bahkan sering digunakan. Untuk memahami hal tersebut diperlukan dasar ilmu yang tepat, yaitu ilmu psikologi. Ilmu Psikologi juga menjadi salah satu Fakultas favorit di UPH.

Di Fakultas ini, mahasiswa akan belajar secara mendalam terkait perilaku dan pemikiran manusia. Mahasiswa Psikologi UPH akan dipersiapkan dengan berbagai keterampilan untuk menjadi Konselor atau Terapis yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan individu dan masyarakat.

Fasilitas yang disediakan juga tentunya menunjang pembelajaran mahasiswa, seperti Laboratorium Konseling, Laboratorium Psikodiagnostik, Laboratorium Eksperimen, dan sebagainya. Terbaru, Fakultas Psikologi UPH juga telah resmi bekerja sama dengan California Baptist University (CBU), Amerika Serikat. Informasi lainnya ada di sini.

  1.     Fakultas Ilmu Komputer / Sistem Information Science and Technology (SISTech)

Fakultas Ilmu Komputer UPH selalu menghadirkan kurikulum pendidikan sesuai dengan kebutuhan yang ada, untuk mempersiapkan lulusan menjadi profesional di bidang teknologi yang mampu menjawab kebutuhan dalam bidang teknologi.

Fakultas ini memiliki dua Prodi, yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi dengan beragam konsentrasi peminatan. Karier cemerlang seperti menjadi Programmer, Business Analyst, UI/UX Designer, Game Developer dan lainnya, dapat diraih dengan menempuh studi di Fakultas Ilmu Komputer UPH. Terlebih lagi karena Fakultas ini menawarkan Program Fast Track (khusus Prodi Sistem Informasi) bersama La Trobe University, Australia. Info lebih lanjut ada di sini.

  1.     Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

FISIP UPH menghadirkan pendidikan terbaik yang didukung oleh kurikulum unggul, fasilitas lengkap, dan dosen yang kompeten. Dengan dibekali pendidikan di FISIP UPH, para lulusan siap berkarier di berbagai profesi, seperti praktisi Humas, Jurnalis, Penyiar, Analis, Konsultan, Diplomat, Konsultan Internasional, Spesialis Regional Asia Tenggara, dan lainnya.

Laboratorium Radio, Laboratorium TV, dan berbagai fasilitas penunjang pembelajaran mahasiswa lainnya juga dapat dinikmati oleh para mahasiswa FISIP UPH. Info lengkap ada di sini.

  1. Fakultas Kedokteran (FK)

Impian menjadi seorang dokter, selalu populer dari masa ke masa. Untuk itu UPH menghadirkan Fakultas Kedokteran sebagai tempat yang tepat untuk menempuh pendidikan bagi calon dokter profesional di masa depan.

Baca Juga :  Mengenal Kesulitan Belajar Anak dan Solusinya

Selain fasilitas yang sangat lengkap, keunggulan lainnya dari FK UPH yaitu didukung dengan jaringan Medical Science Group (MSG) yang terdiri dari Rumah Sakit Siloam dan pusat penelitian swasta Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN).

Dengan jaringan ini, mahasiswa FK UPH akan mendapatkan pengalaman kuliah yang komprehensif, bernilai unggul, dan siap menjadi lulusan dokter yang berkualitas dan berdampak! Info lainnya ada di sini.

  1. Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES)

Sama seperti dokter, ilmu dan tenaga kesehatan sangat diperlukan masyarakat. FIKES UPH menghadirkan Prodi Farmasi dan D4 Teknologi Laboratorium Medis yang dapat dipilih.

Dengan bekal pendidikan dan pelatihan yang diberikan, peran Apoteker sangat penting, terutama dalam penggunaan obat dan penegakan diagnosa pasien untuk memberikan penanganan pada pasien dengan cepat dan tepat.

Selain menjadi Apoteker, lulusan FIKES UPH juga memiliki berbagai prospek karier seperti Ahli Farmasi Klinik, Aesthetician, Quality Control Lembaga Pemerintahan, dan lainnya. Dalam studinya, mahasiswa akan mendapatkan berbagai fasilitas diantaranya Laboratorium Farmasetika, Laboratorium Kimia, dan Laboratorium Biologi Farmasi. Info lengkap ada di sini.

  1. Fakultas Keperawatan / Faculty of Nursing (FoN)

Menjadi seorang Perawat harus memiliki dedikasi sepenuh hati, sikap cepat tanggap, dan mampu melayani secara tepat sasar. Nilai-nilai ini juga yang selalu ditekankan di FoN UPH. Para mahasiswa dipersiapkan menjadi perawat profesional, kompeten, berkomitmen, dengan hati yang mau melayani.

Fakultas Keperawatan UPH bermitra dengan berbagai rumah sakit, sehingga akan memberikan kemudahan ketika mahasiswa melakukan praktik kerja. Lebih dari itu, mahasiswa bisa mencapai impiannya menjadi perawat profesional. Informasi lainnya lihat  di sini.

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan / Teachers College (TC)

Fakultas Ilmu Pendidikan UPH memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mencapai impian menjadi guru profesional dengan standar internasional. Fakultas ini memiliki 10 prodi dengan kurikulum pendidikan yang modern dan disesuaikan pada perkembangan teknologi dunia saat ini.

Setelah lulus, setiap mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UPH dapat langsung berdedikasi menjadi guru terbaik, dengan menjadi guru di salah satu sekolah yang tergabung dalam Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) di seluruh penjuru Indonesia. Fakultas Ilmu Pendidikan UPH berkomitmen menghadirkan pendidikan berkualitas di seluruh indonesia.

Komitmen ini juga yang mendorong Pemerintah Kota Tomohon resmi memilih TC UPH untuk bekerja sama menghadirkan pendidikan transformasional di Tomohon. Cari tahu informasi lainnya di sini.

Selain menyediakan ragam pilihan Fakultas yang unggul disertai dengan fasilitas lengkap, UPH juga selalu mendorong tiap mahasiswa untuk meraih prestasi cemerlang dalam berbagai kesempatan skala nasional maupun internasional.

Rektor UPH, Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak, mengatakan bahwa UPH akan selalu berkomitmen dalam mengajarkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan kepada mahasiswa agar mereka menjadi profesional dan pemimpin yang hebat di masa depan.

UPH siap menjadi tempat bagi mahasiswa untuk menjadi “The Great Achiever”! Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Student Consultant UPH 0811-1709-901 atau bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar, dapat diakses di sini. (*)

*)Penulis

Public Relations UPH

Apa Tanggapan Anda ?