PRAKTIK. Fakultas Keperawatan atau Faculty of Nursing Universitas Pelita Harapan (FoN UPH) saat menjalani praktik. (foto: uph)
Siedoo.com - PRAKTIK. Fakultas Keperawatan atau Faculty of Nursing Universitas Pelita Harapan (FoN UPH) saat menjalani praktik. (foto: uph)
Daerah

Fakultas Keperawatan UPH Raih Peringkat Pertama

TANGERANG, siedoo.com – Fakultas Keperawatan atau Faculty of Nursing Universitas Pelita Harapan (FoN UPH) meraih penghargaan Persentase Kelulusan Terbaik Regional 5 untuk Kategori Peserta Nasional UKOM Ners periode 2 tahun 2023.

———

Prestasi ini juga membuat FoN UPH mendapatkan Rangking Pertama (1), di mana sebanyak 339 mahasiswa FoN UPH berhasil lulus dengan persentase 99,71% di UKOM yang diselenggarakan pada 4-6 Oktober 2023.

UKOM merupakan ujian nasional yang diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap tenaga kesehatan sesuai standar profesi perawat; sekaligus menjadi syarat wajib untuk dapat bekerja di pelayanan kesehatan.

Dekan FoN UPH, Grace Solely Houghty, S.Kep., Ners., MBA., M.Kep merasa bangga atas pencapaian ini.

Ia mengatakan, prestasi tersebut membuktikan bahwa proses pendidikan yang tepat dapat menghantarkan mahasiswa dari berbagai latar belakang daerah atau budaya untuk meraih kesuksesan.

“Kami yakin keberhasilan UKOM merupakan hasil dari usaha dan kerja keras mahasiswa selama proses pendidikan yang panjang di FoN dari tahun pertama sampai tahun terakhir.

Sejak tahun pertama, proses evaluasi dan standar penyusunan soal-soal yang dilakukan di FoN UPH selalu menggunakan computer-based test.

Proses ini secara tidak langsung juga melatih mahasiswa untuk dapat mengerjakan UKOM,” kata Grace.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Keperawatan UPH, Yakobus Siswadi, MSN., DNSc mengungkapkan, 339 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa kelas reguler dan program kelas karyawan FoN UPH ini baru pertama kali mengikuti UKOM Ners.

Dalam mempersiapkan ujian tersebut, FoN UPH membimbing mereka dengan pelatihan tips dan trik menghadapi UKOM, latihan dan menganalisis soal, mengerjakan 180 soal UKOM dalam waktu 180 menit, hingga try out.

Baca Juga :  Kesehatan Mental Guru di Masa Pandemi

Yakobus menambahkan, dalam menyambut UKOM tahun 2024, FoN UPH akan terus berupaya menghadirkan kualitas pendidikan yang bermutu untuk mencetak lulusan keperawatan yang unggul dan profesional.

“Kami berharap tetap bisa menghantarkan semua mahasiswa lulus UKOM dengan predikat tertinggi. UKOM bukanlah hal yang menakutkan, jadi ketenangan dan kesiapan diri menjadi perhatian dalam menghadapi UKOM,” katanya.

“Kami selalu memastikan semua proses pembelajaran, baik teori maupun praktik dilaksanakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kami juga meyakini bahwa proses dan standar pembelajaran yang dijalankan oleh FoN sudah pada jalur yang benar,” ujar Yakobus. (uph/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?