PREDIKAT. Universitas Pelita Harapan (UPH) telah resmi meraih predikat Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). (foto: uph)
Siedoo.com - PREDIKAT. Universitas Pelita Harapan (UPH) telah resmi meraih predikat Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). (foto: uph)
Daerah Pendidikan

UPH Raih Akreditasi Unggul Secara Institusi, Rektor: Terima Kasih

TANGERANG, siedoo.com – Melalui Surat Keputusan Nomor 1154/SK/BAN-PT/Ak/PT/XII/2023 tanggal 20 Desember 2023, Universitas Pelita Harapan (UPH) telah resmi meraih predikat Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

———

Pencapaian akreditasi tertinggi ini menjadi pengakuan atas kualitas pendidikan yang diberikan, serta kontribusi universitas dalam melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

Penyerahan Sertifikat dan Surat Keputusan (SK) Akreditasi Unggul juga telah dilakukan secara simbolis kepada Rektor UPH Dr (Hon) Jonathan L Parapak, M.Eng.Sc dan juga kepada Direktur Eksekutif Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH), Dr Stephanie Riady B.A M.Ed di Grand Chapel, UPH Kampus Lippo Village, Tangerang, Rabu 10 Januari 2024.

“Saya berterima kasih kepada seluruh komunitas UPH yang telah memberikan kontribusi terbaik. Terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) atas dukungannya, dan terima kasih kepada Tim Taskforce yang mempersiapkan akreditasi, serta semua pihak yang terlibat. Akreditasi Unggul ini adalah anugerah Tuhan bagi kita, serta menjadi persembahan bagi masyarakat,” kata Rektor UPH.

UPH meraih Akreditasi Unggul setelah melalui serangkaian penilaian lapangan yang dilakukan oleh asesor BAN-PT, termasuk wawancara, eksplorasi dokumen, dan visitasi pada 26-28 November 2023 di UPH Kampus Lippo Village, Tangerang.

Ketua Tim Taskforce UPH Unggul, Prof Dr Diena Mutiara Lemy, A.PAR M.M CHE  mengungkapkan, ada sembilan kriteria penilaian yang telah dipenuhi UPH untuk mendapatkan Akreditasi Unggul.

Kriteria itu terdiri dari Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi; Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja Sama; Mahasiswa; Sumber Daya Manusia; Keuangan, Sarana, dan Prasarana; Pendidikan; Penelitian; Pengabdian kepada Masyarakat; serta Luaran dan Capaian Tridarma.

Selain mendapatkan akreditasi unggul ini, pada tahun 2023 UPH juga telah meraih sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu dan ISO 21001:2018 untuk Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan.

Baca Juga :  Upaya Mencetak SDM yang Cakap Hadapi Industri 4.0

Prof. Diena menambahkan bahwa Akreditasi Unggul memberikan manfaat, seperti kemudahan bagi mahasiswa dalam melamar pekerjaan, reputasi perguruan tinggi yang baik, dan kemudahan dalam mendapatkan hibah serta mengajukan pembukaan Program Studi (Prodi).

“Hasil Akreditasi Unggul adalah hasil upaya semua pihak di UPH. Predikat Unggul ini membanggakan untuk semua stakeholder, baik internal maupun eksternal. Kami akan terus mempertahankan dan langkah ini menjadi landasan untuk mengejar Akreditasi Internasional,” ucap Prof Diena. (uph/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?