Daerah

SMKN 1 Magelang Terus Jalin Kerjasama Dunia Usaha dan Industri

MAGELANG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Magelang, Jawa Tengah terus menjalin kerjasama dengan dunia kerja. Sekolah melaksanakan suatu kegiatan rutin yaitu komitmen dengan dunia usaha dan dunia industri. Kegiatan berlangsung mulai pagi hari hingga menjelang siang.

Kegiatan ini merupakan koordinasi bersama sekolah dan dunia usaha/dunia industri dan disaksikan oleh Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Wilayah 8, Dinas Tenaga Kerja Kota Magelang. Kali ini SMK N 1 Kota Magelang juga mengundang PT. Sidoagung Farm Magelang.

Salah satu tujuan kegiatan tersebut untuk berkomitmen bersama dan bekerja sama dalam bidang PKL siswa dan rekrutmen alumni untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut.

Acara komitmen dunia usaha dunia industri kali ini menghadirkan beberapa tokoh yang menjadi narasumber utama. Diantaranya Kepala Sekolah, PT Sidoagung Farm, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 8 Jateng, Disnakertrans Kota Magelang.

Sedangkan yang menjadi pesertanya yaitu Wakil Kepsek Bidang Humas dan Hubungan Industri beserta staff, Wakil Kepsek Bidang Kurikulum, para Ketua Jurusan di SMK N 1 Kota Magelang. Pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kerja sama antara sekolah dan industri guna penyaluran tamatan SMK N 1 Kota Magelang.

Dengan adanya komitmen, industri akan mudah mendapatkan tenaga kerja untuk bekerja di industri tersebut, dan sekolah pun akan mudah untuk menyalurkan tamatannya untuk segera mendapatkan kerja.

Saat ini SMK N 1 Kota Magelang sudah menjalin kerjasama bagi siswa PKL dengan lebih dari 200 perusahaan, instansi dan bengkel. Sedangkan bagi rekrutmen untuk siswa tamatan, sudah terjalin relasi dengan lebih dari 50 perusahaan. Beberapa perusahaan diantaranya yaitu PT. Bintang Racing Team, PT Aisin, PT Pamapersada Nusantara, PT DNP, UT School dan masih banyak perusahaan lain.

Output yang didapat berupa MoU kerjasama kedua belah pihak, terutama pada kesempatan kali ini antara SMK N 1 Kota Magelang dan PT. Sidoagung Farm. Komitmen dunia usaha dan dunia industri merupakan kegiatan rutin bidang humas dan hubungan industri. Kegiatan ini ditujukan untuk menambah relasi kerjasama dengan perusahaan.

Kepala SMK N 1 Kota Magelang, Drs. Uu Sanusi, M.T mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan komitmen dudi dengan sekolah seperti ini, akan memberikan kemudahan bagi alumni untuk segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus dan memudahkan industri dalam mendapatkan pekerja.

“Simbiosis yang saling menguntungkan ini semoga dapat terjalin dengan banyak industri dan selalu terjalin baik. Sehingga dapat memajukan SMK N 1 Kota Magelang dan industri-industri yang sudah bekerjasama,” ujar Uu Sanusi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?