Advertorial Kegiatan

Pertama Kali, SMK Negeri 1 Magelang Lakukan Live Streaming Pelepasan Siswa

MAGELANG – Tetap mendukung upaya pencegahan penularan Covid-19, SMK Negeri 1 Magelang menggelar Wisuda dan Pelepasan Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2019/2020 secara live streaming. Kegiatan ini tidak dihadiri oleh orang tua atau wali siswa, hanya diwakili oleh 2 orang siswa kelas XII.

Kegiatan yang biasanya dilaksanakan secara meriah dengan berbagai tampilan, kali ini dilakukan secara live streaming. Di mana para siswa dan wali siswa serta keluarga SMK Negeri 1 Magelang dapat mengaksesnya dari rumah masing-masing dengan membuka website smkn1magelang.sch.id dan memilih menu video.

Kegiatan secara live streaming tersebut merupakan solusi di masa pandemi Covid-19. Sekaligus dalam rangka meningkatkan penggunaan sistem informasi daring yang dapat diakses jarak jauh. Selain itu juga meminimalisir anggaran sekolah agar dapat dialokasikan untuk kegiatan bakti sosial membantu warga terdampak Covid-19.

594 Lulusan

Kepala SMK Negeri 1 Magelang Drs. Nisandi, M.T. memberikan sambutan pelepasan siswa. (foto: Awang)

Acara Wisuda dan Pelepasan Siswa Kelas XII ini berlangsung di ruang rapat Reptaloka SMK Negeri 1 Magelang pada pukul 10.00 WIB. Siswa yang lulus dari SMK Negeri 1 Magelang sejumlah 594 diserahkan secara langsung oleh Kepala SMK Negeri 1 Magelang Drs. Nisandi, M.T kepada wali siswa kelas XII yang diwakili oleh Ketua Komite Sekolah H. Kuswan Hadji, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Drs. Nisandi, M.T. menyampaikan, siswa lulusan tahun ini merupakan alumni yang berat, di mana siswa yang siap kerja akan tertunda untuk masuk ke instansi maupun industri. Hal itu dikarenakan banyak pengurangan pegawai di berbagai perusahaan akibat merebaknya pandemi Covid-19.

“Namun demikian kalian harus tangguh menghadapi situasi saat ini,” ujarnya.

Kemudian Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubungan Industri, Nanang Nurdiyanto, S.Pd, M.Eng menambahkan untuk solusi pekerjaan di masa pandemi ini adalah berwirausaha atau jual beli online. Dapat mengembangkan bakat vloger di media sosial Youtube, Facebook maupun Instagram yang dapat menghasilkan income yang tidak sedikit.

“Namun jangan lupa untuk selalu pantau website dan grup chat Bursa Kerja Khusus SMK Negeri 1 Magelang untuk mendapatkan informasi terkini. Lowongan pekerjaan di instansi dan industri lokal maupun nasional,” ujarnya.

Taati Jadwal

Komite Sekolah H. Kuswan Hadji, S.H, M.H. menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada SMK Negeri 1 Magelang. Yang telah memberikan bimbingan dan pendidikan kepada putra putrinya selama 3 tahun

“Sehingga saat ini mereka telah menyelesaikan pembelajarannya dan siap memasuki dunia kerja, berwirausaha maupun melanjutkan studi,” ucapnya.

Selanjutnya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakijan, S.ST, menyampaikan pengumuman bahwa untuk Surat Keterangan Lulus (SKL) dari sekolah dapat diambil melalui Bidang Kurikulum dengan jadwal yang sudah ditentukan. Diminta para siswa mentaati jadwal agar tidak menimbulkan kerumunan di masa pembatasan sosial ini.

SKL ini dapat digunakan sebagai ijazah sementara sampai dengan ijazah asli terbit. Selain itu hadiah bagi lulusan terbaik dapat diambil bersamaan dengan mengambil SKL.

Acara live streaming berjalan dengan lancar hingga usai. Bagi yang belum menyaksikan siaran secara langsung, dapat menyaksikan secara tunda di channel youtube “Humas Hubin SMK Negeri 1 Magelang” dan story Instagram @smkn1magelang. (Siedoo)

 

Penulis: 
Awang Arief Setiawan, S. Kom
Staf Bidang Humas dan Hubungan Industri
SMK Negeri 1 Magelang, Jawa Tengah
Apa Tanggapan Anda ?