Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Maysarakat (LP3M) UM Magelang Dr. Heni Setyowati ER,S.Kp,M.Kes.

Daerah

Demi Penelitian Dosen, Gelontorkan Ratusan Juta Rupiah

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah memberikan hibah kepada para dosennya. Hibah ini diberikan kepada 72 judul proposal yang diajukan. Dana tersebut diberikan bagi dosen yang lolos mengikuti program hibah berupa Program Kemitraan Universitas (PKU) dan Penelitian Revitaliasi Visi Institusi (PRVI).

“Tahun ini UM Magelang memberikan hibah bagi 72 judul proposal yang diajukan oleh para dosen UM Magelang,“ kata Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Maysarakat (LP3M) UM Magelang Dr. Heni Setyowati ER,S.Kp,M.Kes.

Tahun 2017, UM Magelang melalui menggelontorkan dana sebesar Rp 425 juta untuk membiayai kegiatan hibah internal yang dilakukan dosen UM Magelang. Ke-72 proposal itu, terdiri dari 43 proposal PRVI dan 29 proposal PKU. Dana senilai Rp 425.100.000 tersebut terdiri dari Rp 225.000.000 untuk membiayai 43 proposal PRVI dan Rp 200.000.000 untuk membiayai 29 proposal PKU.

Selain itu, tahun ini dari 81 proposal hibah yang diajukan dosen UM Magelang ke Kemenristek Dikti, sebanyak 32 proposal berhasil lolos pendanaan melalui Hibah Dana Peneltian dan Pengabdian Kemenristek Dikti Tahun 2018. Dari data yang dilansir Kemenristek Dikti perihal pengumuman Penerima Dana Penelitian dan Pengabdian Non PTNBH Tahun 2018, proposal tersebut terdiri dari 17 porposal yang lolos dana penelitian.

Sedangkan 15 proposal lainnya merupakan dana pengabdian. Adapun total dana yang diajukan ke- 32 proposal itu senilai Rp 5,3 Miliar. Dari 15 proposal pengabdian yang berhasili lolos tersebut, tiga diantaranya merupakan program pengabdian lanjutan dari tahun sebelumnya. Sedangkan 17 proposal penelitian merupakan proposal yang baru.

Jumlah proposal yang berhasil lolos tersebut mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2017 lalu, sebanyak 26 proposal dosen UM Magelang yang lolos dalam pendanaan Kemenristek Dikti. Adapun ke-26 poposal tersebut terdiri dari 19 proposal penelitian dan 7 proposal pengabdian.

Sedangkan tahun 2016 baru meloloskan 21 proposal yang terdiri dari 14 proposal penelitian dan 7 proposal pengabdian. Disamping itu, UM Magelang juga berhasil mendapatkan dana penelitian dari Majelisdiktilitbang PP Muhammadiyah melalui dua proposal yang berhasil lolos dalam Pendanaan dan Pelaksanaan Hibah Penelitian Muhammadiyah Abad Kedua Periode ke-2 Tahun 2018.

Kedua proposal tersebut masing-masing diajukan oleh Nuryanto, M.Kom (dosen FT) dan Estrin Handayani (dosen Fikes). Heni menambahkan, pencapaian tersebut sebagai salah satu upaya UM Magelang dalam mempertahankan predikat “Klaster Utama” bidang penelitian serta sebagai upaya meningkatkan klaster “Sangat Baik” bidang pengabdian pada masyarakat.

“Kami masih menunggu pengumuman penerima Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (Insinas) dari Kemenristek Dikti. Semoga dapat lolos seperti tahun sebelumnya,” jelas Heni.

Apa Tanggapan Anda ?