Psikolog, Dr. Riana Mashar, M.Si sedang menyampaikan materi. (foto: siedoo.com)

Daerah

Hadapi Dunia Kerja, Ratusan Calon Wisudawan UM Magelang Dibekali


MAGELANG – Jelang wisuda, 248 mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang mendapatkan pembekalan di Aula Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes), Rabu (6/3/2019). Tema yang diangkat ‘Mengenali dan Strategi Masuk Dunia Kerja’. Kegiatan yang digelar Lembaga Pengembangan Mahasiswa dan Alumni (LPMA) tersebut untuk mempersiapkan lulusan, yang siap menghadapi dunia kerja dengan kepribadian berkarakter positif.

“Poinnya mewujudkan lulusan yang memiliki karakter sesuai dengan harapan stakeholder. Mereka akan diwisuda 23 Maret mendatang, angkatan ke-70,” kata Ketua LPMA, Ns. Margono, M.Kes.

Rektor UM Magelang, Ir. Eko Muh Widodo, MT menyampaikan 75 persen calon wisudawan merupakan freshgraduate yang belum bekerja. Rektor berharap agar setelah lulus, calon wisudawan dapat menerapkan keahlian hardskill dan softskill yang sudah didapat di bangku kuliah. Sehingga, bisa bekerja sesuai dengan keinginan dan kompetensinya atau menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Di era industri 4.0 ini, pekerjaan yang saat ini ada, di kemudian hari pasti akan hilang dan digantikan pekerjaan baru. Seperti, biro agen perjalanan yang semakin berkurang dengan banyaknya aplikasi pemesanan tiket online,” tambah Eko.

Pada kegiatan tersebut, calon wisudawan mendapatkan materi dari tiga narasumber. Di sesi pertama, dihadirkan pemateri dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Magelang, Nita Budi Astuti, SE. Ia menyampaikan tentang hal yang perlu dipersiapkan dalam memasuki dunia kerja.

“Ada tiga pilihan bagi calon wisudawan setelah diwisuda, menjadi wirausaha mandiri, berkarir profesional atau menjadi cendekia akademisi,” tambahnya.

Lebih rinci, Nita juga menjelaskan bagaimana cara membuat CV dan surat lamaran pekerjaan yang tepat, serta bagaimana cara memahami proses wawancara dan psikotes dalam proses seleksi di dunia kerja

Di sesi kedua, Psikolog, Dr. Riana Mashar, M.Si yang memaparkan tentang keterampilan literasi keuangan bagi calon wisudawan. Kegiatan pembekalan diakhiri dengan sesi cerita sukses alumni oleh Sugiyono, ST, pengusaha di bidang sawit yang merupakan alumni S-1 Teknik Industri UMMagelang. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
SD Mutual Kota Magelang