Proses penilaian benda kerja
Daerah

Kompetisi Cat Mobil Siswa se Jawa Tengah Berlangsung di Kota Magelang

MAGELANG - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Magelang ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Jawa Tengah 2021 dengan Mata Lomba Car Painting. Kategori LKS Car Painting 2021 merupakan pelaksanaan yang pertama kalinya di Jawa Tengah. LKS dilaksanakan secara daring mulai dari pelaksanaan lomba dan penilaian.

Sekolah hanya berpartisipasi sebagai panitia penyelenggara dan bukan peserta. Ini karena SMK N 1 Magelang tidak memiliki jurusan body repair atau car painting. Namun demikian, sekolah cukup luar biasa mampu dipercaya untuk menghandle sistem daring selama pelaksanaan LKS.

Penanggung jawab acara ini langsung dari pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah (Disdikbud Provinsi Jateng). Pembukaan acara dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting pada pukul 19.30 WIB. Acara dibuka oleh Kepala Bidang SMK mewakili Ir Yuni Astuti MA, plt Kepala Disdikbud Prov Jateng.

"Acara semoga berjalan lancar dan menghasilkan juara-juara handal Jawa Tengah untuk mewakili Jateng di tingkat nasional. Membawa nama harum Jawa Tengah di tingkat nasional serta kembali menjadi juara umum. Karena Jateng adalah langganan juara tingkat nasional sebelumnya," ujar Yuni, dalam sambutannya yang diwakilkan.

SMK N 1 Magelang tergolong sekolah besar di Jawa Tengah dengan fasilitas yang memadai dan memiliki pendidik serta tenaga kependidikan yang kompeten dan profesional. SMK N 1 Magelang juga kerap kali menjadi tempat penyelenggaraan acara-acara ditingkat Jateng. Salah satunya adalah penyelenggaraan LKS yang bisa berjalan lancar.

Awalnya, Kota Magelang diagendakan sebagai tuan rumah LKS 2021. Namun karena pandemi yang tengah berlangsung, sehingga tanggung jawab lomba tidak sepenuhnya dibebankan kepada Pemerintah Kota Magelang sebagai tuan rumah. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar bahwa SMKN 1 Magelang akhirnya menjadi tuan rumah pelaksanaan LKS cabang Car Painting 2021.

Baca Juga :  Pandemi Membuat Orang Menjadi Kreatif

Pada kesempatan lain, SMK N 1 Magelang pernah menjadi tuan rumah LKS Jateng yang dilaksanakan secara rolling di seluruh Kab/Kota se-Jateng. Tahun 2010 SMKN 1 Magelang juga dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan LKS untuk mata lomba teknik yang diadakan secara full di Kota Magelang.

Ada beberapa pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan LKS Car Painting 2021. Seperti MKKS SMK Prov Jateng, Ketua MKKS SMK Kota Magelang, Bidang Humas dan Hubin SMK N 1 Magelang. Selain itu, ada pula tim IT SMK N 1 Magelang yang mengontrol setiap jalannya acara.

Terdapat 6 sekolah yang ikut berpartisipasi dalam LKS, seperti Grobogan, Kota Pekalongan, Karanganyar, Pemalang, Salatiga, dan Pati. Tentunya sekolah-sekolah yang dapat berpartisipasi dalam LKS Car Painting adalah sekolah yang memiliki jurusan body repair atau car painting.

Sistematika pelaksanaan LKS secara daring ini yaitu siswa mengikuti lomba pengecatan body mobil di sekolah masing-masing, dengan benda kerja dan cacat fisik body mobil yang sama. Cacat fisik body mobil ini sebelumnya sengaja telah dilukai oleh tim juri. Lomba dilaksanakan secara daring sesuai dengan petunjuk teknis lomba.

Setelah selesai, peserta lalu mengirimkan hasil pengecatan kepada juri di SMK N 1 Magelang untuk dinilai. Terdapat dua poin penilaian yang digunakan. Pertama penilaian proses via daring zoom dan kedua adalah penilaian hasil saat barang sampai di tempat juri.

Dalam pelaksanaan LKS Car Painting 2021 ini panitia lomba telah menggandeng beberapa pihak yang dipercaya memiliki kualifikasi yang sesuai dengan mata lomba. Terdapat tiga juri yang akan menilai proses LKS. Juri-juri tersebut ialah Akademisi UNY, Nasmoco Magelang, dan terakhir adalah Aim Isuzu Magelang.

Sementara itu, Dewan Juri Mata Lomba Car Painting memutuskan dan menetapkan bahwa
pada Rabu (1/9/2021) terdapat tiga juara umum .Juara pertama diperoleh Syafrudin Arsyad dari SMK N 2 Salatiga, Juara kedua yaitu Muhammad Fariz Allegra dari SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan, dan Juara tiga diraih Asta’ul Khairu Wijananto dari SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?