MAGANG. Pembekalan Siswa Magang Gelombang Pertama. (foto: madya/siedoo.com)
ADV Daerah

Siap Terjun! Siswa Magang Gelombang Pertama SMK N 1 Kota Magelang Diberi Pembekalan

MAGELANG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Magelang, Jawa Tengah melaksanakan pembekalan Praktek Kerja Industri (PKL) di gedung olahraga indoor dan serbaguna Graha Kridha Wiyata sekolah setempat, belakangan ini. Pembekalan diperuntukkan untuk siswa peserta PKL gelombang pertama tahun 2022. Jumlah siswa yang diterjunkan pada periode ini 300 siswa.

Dengan adanya pembekalan PKL diharapkan dapat memberikan bekal gambaran pekerjaan, budaya kerja serta sikap di lingkungan industri. Sehingga pada waktu penerjunan siswa mudah dan siap untuk beradaptasi di lingkungan industri.

Acara pembekalan dimulai dengan pembukaan kemudian ada laporan dari Pokja PKL Bidang Humas dan Hubungan Industri. Selanjutnya ucapan sambutan dan arahan dari kepala sekolah. Berkaitan untuk menjaga nama baik siswa dan sekolah, ada pula pembekalan sikap yang disampaikan oleh Kesiswaan.

Untuk tugas dan kewajiban siswa saat PKL dipaparkan oleh kurikulum, seperti misalnya teknis pengisian buku jurnal, dan pembekalan budaya kerja dari industri. Acara terakhir yaitu doa dan penutup.

Ada beberapa pihak yang turut diundang seperti kepala sekolah, waka bidang kurikulum, waka bidang kesiswaan, dan industri. Dalam sambutannya kepala sekolah menyampaikan beberapa arahan untuk membekali siswa di dunia industri.

“Siswa diharapkan agar dapat menjunjung tinggi nama baik sekolah dan berkarya di industri dengan maksimal,” ujar Kepala SMK N 1 Kota Magelang, Tri Setya Budi, S.Pd.

Tidak ketinggalan, Waka Kesiswaan juga menyampaikan tentang sikap kedisiplinan siswa, waka kurilulum membekali terkait proses pembelajaran sistem ganda di industri dan di sekolah. Semua pihak ikut serta memberi arahan demi kelancaran siswa pada saat masa magang.

Pembekalan PKL kali ini ditujukan untuk kelas 11. Dengan waktu magang mulai Januari hingga 22 April 2022. Para siswa calon peserta magang diaplikasikan di beberapa industri yang tersebar di Magelang, Jogja, Semarang, dan sekitarnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?