Opini

Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka ala Sekolah Cikal

Siedoo, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tidak lagi sebatas wacana. Sekolah - sekolah sudah mulai ada yang menerapkan PTM.

Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di DKI Jakarta telah kembali dimulai pada 30 Agustus 2021 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 883 Tahun 2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan yang Melaksanakan PTM Terbatas Pembelajaran Campuran Tahap 1 pada Masa PPKM.

Sebagai satu dari 610 sekolah yang menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Sekolah Cikal Jakarta menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada murid. Serta orang tua, dengan pemberian panduan ketat.

Pemberian panduan pelaksanaan, dan hadirnya Tim Satgas COVID-19 Cikal yang turut serta mengawasi jalannya proses pembelajaran tatap muka terbatas di Sekolah Cikal dilakukan demi menjaga dan melindungi kesehatan setiap murid.

Kehadiran panduan protokol yang diberikan pada orang tua murid merupakan bagian dari keseluruhan kebijakan untuk mewujudkan keselamatan dan kesehatan individu, dan publik dalam pengendalian COVID-19 di sekolah.

Dalam panduan pelaksanaan PTM kami menyebutkan secara mendetail. Antara lain syarat kondisi kesehatan murid dan guru, perlengkapan kegiatan, persiapan ruang kelas, protokol kebersihan saat datang ke sekolah dan beraktivitas.

Hingga protokol saat kepulangan murid dari sekolah. Dalam tahap persiapan, setiap orang tua kami undang untuk mengisi survei (kesediaan mengikuti PTM) dengan melampirkan pernyataan dan tanda tangan basah (difoto dan diunggah). Orang tua pun mengisi formulir daring asesmen kesehatan, pagi pukul 07.00, setiap hari jadwal PTM.

Setiap anak juga wajib berangkat ke sekolah saat pertemuan tatap muka terbatas ini dengan perlengkapan sekolah dari rumah masing-masing. Kami mewajibkan setiap murid membawa perlengkapannya sendiri.

Antara lain dua masker cadangan, hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimum 60%, tisu kering dan tisu basah, botol minum, bekal pribadi dan perlengkapan makan pribadi, obat-obatan pribadi. Dan tentunya alat tulis pribadi.

Baca Juga :  Membaca Nyaring Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Anak

Durasi dan Kapasitas Murid di Kelas

Dalam proses PTM ini, Sekolah Cikal menerapkan proses pembelajaran di dalam kelas dengan kapasitas 1 guru dengan 12 murid untuk tingkat SD, SMP, dan SMA Cikal dan 1 guru dengan 5 murid untuk PAUD Rumah Main Cikal dengan protokol ketat. Di mana setiap pergantian murid yang masuk ruangan akan selalu dibersihkan dan disemprot disinfektan. Termasuk meja kursi dan high-touch surfaces dibersihkan menggunakan alkohol.

Kegiatan PTM ini mulai dari pukul 08.00 dengan durasi sesuai aturan dari Kadisdik No 882 tahun 2021 antara 60 menit sampai 175 menit dengan waktu jeda (break time) 20 menit. Setiap murid tetap berada di kelas, dan ditemani homeroom.

Selain itu, perawat di Sekolah Cikal pun akan selalu mengecek secara berkala suhu setiap murid. Dengan ruangan kelas jendela dan pintu terbuka.

Sebagai sekolah yang terpilih dalam Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas Tahap 1, Sekolah Cikal menjalankan protokol kesehatan ketat dengan koordinasi yang baik dari berbagai pihak. Mulai Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Tim Satgas Covid-19 Cikal, dan orang tua demi mewujudkan kesehatan, dan keselamatan setiap anak saat mengikuti proses belajar di sekolah yang dilakukan 1x per minggu. Dengan durasi yang telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Kadisdik No 882 tahun 2021. (*)

 

*Head of Campus Cikal
Ratih Saraswati

Apa Tanggapan Anda ?